Kelompok Perikanan di Muna Barat Keciprat Bantuan Hibah

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 29 Juli 2023
0 dilihat
Kelompok Perikanan di Muna Barat Keciprat Bantuan Hibah
Pemda Muna Barat beri bantuan secara simbolis bagi kelompok perikanan pesisir maupun perairan di HUT ke-9 Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Canangkan dua program perikanan budidaya dan tangkap untuk wilayah pulau dan pesisir, Pemda Muna Barat beri hibah ke nelayan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Canangkan dua program perikanan budidaya dan tangkap untuk wilayah pulau dan pesisir, Pemda Muna Barat beri hibah ke nelayan.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pada tahun 2023 saat ini, fokus perikanan ada dua program yaitu program perikanan budidaya bagi masyarakat pesisir dan perikanan tangkap bagi masyarakat perairan atau pulau.

Bahri katakan, pemerintah daerah tak memiliki kewenangan mengelola laut seluas 0 hingga 12 mil, sebab jarak tersebut merupakan kewenangan provinsi.

Baca Juga: Keciprat Dana Inpres, Ini Ruas Jalan Akan Diperbaiki di Muna Barat

"Namun dalam pemberdayaan masyarakat, tetap harus diperhatikan sebab masih menjadi masyarakat Muna Barat," ungkap Bahri, Sabtu (29/7/2023).

Maka sesuai peraturan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pembagian Kewenangan Konkuren, maka Pemda Muna Barat terhadap pengelolaan perikanan yaitu pemberdayaan nelayan.

Untuk itu, dalam konteks pemberdayaan nelayan, pemerintah daerah memberikan bantuan, dengan berbagai bentuk misalnya pada kelompok nelayan pesisir diberi bantuan bibit udang, ikan bandeng, perbaikan tambak.

Selanjutnya pemerintah daerah memberikan bantuan bagi kelompok nelayan perairan atau laut berupa alat-alat tangkap ranjungan, alat tangkap ikan, bubu, jala, dan alat tangkap lainnya.

"Ini telah diberikan pada malam puncak HUT Muna Barat, bersamaan dengan bantuan alat pertanian," pungkasnya.

Ia mengatakan, pada program perikanan itu memang telah dianggarkan pada APBD sekitar Rp 3 miliar, dan telah ditentukan kelompok penerima bantuan hibah tersebut, sehingga pemerintah daerah langsung memberikan bantuan tersebut.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Kukuhkan Satgas Perlindungan Anak dan Perempuan

Sementara itu, perwakilan penerima paket bantuan bagang apung, La Muli turut berterima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah daerah, pasalnya ini sangat membantu bagi kelompoknya khususnya kelompok nelayan yang membutuhkan bagang apung.

"Ini sangat membantu bagi kami kelompok nelayan yang membutuhkan bagang apung," tukasnya.

Diketahui, bantuan yang diterima oleh kelompok perikanan itu berupa bagang apung, perahu fiber beserta mesin penggerak, paket jaring ikan dan kepiting, bubu ranjungan, bahan pembuatan perahu fiber, bibit ikan air tawar, rumput laut, dan lainnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga