Di Muna, Selain BLT DD Juga Ada Bansos Tunai

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 23 April 2020
0 dilihat
Di Muna, Selain BLT DD Juga Ada Bansos Tunai
Kadinsos Muna, La Kore melaporkan pada Bupati, LM Rusman Emba terkait Bansos tunai. Foto: Naryo/Telisik

" Semula data dari Kemensos hanya 7.000 Kepala Keluarga (KK), tapi ada tambahan 3.049 KK. Jadi totalnya yang akan menerima Bansos tunai itu sebanyak 10.049 KK. "

MUNA, TELISIK.ID - Kabar gembira bagi warga Kabupaten Muna. Bagi yang tidak kebagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) jangan risau. Tetap akan mendapat bantuan serupa di tengah pandemi COVID-19 ini.

Di Muna, selain BLT yang bersumber dari DD, juga ada Bantuan Sosial (Bansos) tunai dari Kementrian Sosial (Kemensos). Jumlahnya sama sebesar Rp 600 ribu/ bulan terhitung sejak April, Mei dan Juni.

Kadinsos Muna La Kore, menerangkan, penerima bansos tunai diprioritaskan bagi warga yang terdampak COVID-19. Jadi penerimanya, warga yang tidak menerima PKH dan bantuan sembako yang tersebar di kelurahan se-Kabupaten Muna.

"Semula data dari Kemensos hanya 7.000 Kepala Keluarga (KK), tapi ada tambahan 3.049 KK. Jadi totalnya yang akan menerima Bansos tunai itu sebanyak 10.049 KK," ungkap La Kore.

Menurut Kore, adanya tambahan KK penerima Bansos tunai itu tidak terlepas penilaian Kemensos atas langkah Bupati, LM Rusman Emba dalam memutus mata rantai penularan virus Corona.

Baca juga: Kades Jangan Main-main dengan BLT

Kini, pihaknya tengah melakukan pendataan terhadap calon penerima Bansos tunai. Masing-masing kelurahan diminta untuk segera menyetorkan nama-nama warganya agar pihaknya melakukan verifikasi, sehingga dananya bisa disalurkan dalam waktu dekat.  

"Kita verifikasi agar tidak tumpang tindih dengan yang sudah menerima PKH dan bantuan sembako," jelasnya.

Di Muna sendiri, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berjumlah sekitar 29.701 KK. Dari jumlah itu yang sudah tersentuh PKH sebanyak 12.700 KK dan 14.000 KK. Untuk PKH dan bantuan sembako ada tambahan. Jumlahnya, kurang lebih 5.000 KK.

"Dengan adanya tambahan penerima bantuan sembako dan Bansos tunai membuat jumlah DTKS secara keseluruhan teratasi. Kita tinggal fokus pada penerima non DTKS dan yang terdampak Corona," tutupnya.

Reporter : Naryo

Editor: Sumarlin

Baca Juga