KPU Sumatera Utara Salurkan Bilik Suara, Kota Medan Belum Sampai

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 23 Oktober 2023
0 dilihat
KPU Sumatera Utara Salurkan Bilik Suara, Kota Medan Belum Sampai
Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Sumatera Utara, Kotaris Banurea memberikan keterangan mengenai pendistribusian logistik Pemilu 2024. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" KPU Sumatera mendistribusikan bilik suara ke-33 kabupaten dan kota, dengan menggunakan angkutan darat untuk kegiatan Pemilu 2024 mendatang "

MEDAN, TELISIK.ID - KPU Sumatera mendistribusikan bilik suara ke-33 kabupaten dan kota, dengan menggunakan angkutan darat untuk kegiatan Pemilu 2024 mendatang.

Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Sumatera Utara, Kotaris Banurea ketika dikonfirmasi, semua bilik suara sudah dikirim ke KPU kabupaten dan kota.

"Sampai saat ini tidak ada kendala dalam pendistribusian bilik suara itu," ucapnya kepada Telisik.id, Senin (23/10/2023) siang.

Menurutnya, bilik suara itu dijadwalkan, 22 Oktober 2023 mulai dikirim. Namun, pihak perusahaan dari pengangkutan bisa beraktivitas lebih cepat.

Baca Juga: Berkas Pencalonan Bacaleg 18 Parpol Dikembalikan KPU Sumatera Utara

"Akan tetapi, pihak perusahaan mengantarkan bilik itu bisa sesuai jadwal, yaitu 18 Oktober 2023. Sehingga, besar kemungkinan bisa sampai lebih cepat dari perkiraan kita," tambahnya.

Pengakuan Kotaris, sudah ada beberapa daerah yang sampai. Di antaranya Kabupaten Padang Lawas Utara, Dairi, Batubara, Sergai, Langkat, Pakpak Bharat dan Kota Binjai. Sedangkan untuk daerah yang lainnya masih belum ada konfirmasinya.

"Sampai saat ini masih beberapa daerah yang terkonfirmasi sudah sampai ke daerahnya masing-masing. Pengiriman logistik itu terus dikawal dengan pihak kepolisian," tuturnya.

Sedangkan untuk Kota Medan, Kotaria Banurea mengaku, logistik itu belum sampai. Dikarenakan jadwal pengiriman logistik itu dari Jawa.

"Untuk KPU Kota Medan, saya rasa belum sampai ya bilik suara itu. Karena dijadwalkan, hari ini baru dikirim. Sampai saat ini masih bilik suara saja logistik pemilu yang dikirim. Pengiriman itu dari Jawa," ucapnya.

Kemudian, Kotaris mengaku jika bilik suara sudah sampai di lokasi. KPU kabupaten dan kota harus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Bawaslu daerah setempat.

"Bahkan, kita minta untuk dijaga benar-benar bilik suara itu dan disimpan di tempat yang aman," terangnya.

Terpisah, Kapolres Langkat, AKBP Faisal Simatupang mengatakan, logistik pemilu berupa 12.508 bilik suara yang sudah tiba dengan aman.

Baca Juga: KPU Sumatera Utara Verifikasi Berkas 1.668 Bacaleg dari 18 Parpol

"Untuk logistik itu sudah sampai di Kabupaten Langkat dan disimpan di gudang KPUD Kabupaten Langkat di Stabat dipastikan aman, karena dilakukan penjagaan secara ketat oleh pihak kepolisian," ucapnya.

Menurutnya, pengamanan logistik pemilu merupakan salah satu prioritas Polri dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu.

"Kami (kepolisian) menjamin keamanan dan kelancaran seluruh tahapan Pemilu 2023-2024 di seluruh Kabupaten Langkat," terangnya.

Informasi yang dihimpun, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Sumatera Utara mencapai 45.875. Sedangkan bilik yang diperlukan untuk satu TPS itu sebanyak 3 bilik dan ditambah dengan cadangan. Bilik itulah yang dapat saluran ke KPU kabupaten dan kota. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga