Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Kendari Nyaris Dilalap Si Jago Merah

Bambang Sutrisno, telisik indonesia
Kamis, 27 Juni 2024
0 dilihat
Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Kendari Nyaris Dilalap Si Jago Merah
Tampak pihak Pemadam Kebakaran mendatangi rumah warga di BTN Puri Tawang Alun II yang mengalami kebakaran akibat korsleting listrik. Foto: Bambang Sutrisno/Telisik

" Pemadam Kebakaran Kota Kendari berhasil menjinakkan api yang nyaris melalap sebuah rumah di kompleks perumahan BTN Puri Tawang Alun 2, Kelurahan Padaleu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemadam Kebakaran Kota Kendari berhasil menjinakkan api yang nyaris melalap sebuah rumah di  kompleks perumahan BTN Puri Tawang Alun 2, Kelurahan Padaleu, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Kamis (27/6/2024) siang.

Api yang hampir melalap rumah itu diduga berasal dari korsleting listrik, sehingga memicu terjadinya kebakaran pada plafon ruang kamar mandi utama dalam rumah tersebut.

Hal itu disadari oleh pemilik rumah pada pukul 12:00 Wita. Setelah menyadari rumahnya mengalami kebakaran, ia bergegas menghubungi Babinsa untuk meminta pertolongan.

Baca Juga: Pelatihan Mombesara Pabbitara-Tolea, Lestarikan Budaya Adat Tolaki

Kemudian Babinsa mendapati telepon pemilik rumah yang mengalami kebakaran, dengan respon cepat mereka segera menghubungi Pemadam Kebakaran Kota Kendari.

Berdasarkan pantauan Telisik.id di lokasi kejadian, ternyata pemilik rumah, Rahmaniar, merupakan ketua RT. 14/RW. 05 di kompleks tersebut.

Rahmaniar mengatakan, berdasarkan kesaksian anaknya ketika menjemur di atas lantai dua rumah, kemudian dia berteriak mengatakan ada kumpulan asap di atap rumah.

Anaknya langsung memberitahukan dengan bahwa ada kebakaran di atas rumah. Dengan kondisi panik, ia langsung menuju lantai dua rumah untuk melihat. Kemudian memanggil tetangga untuk meminta pertolongan.

Pemilik rumah mengalami kerugian Rp 1,5 juta dan tidak ada korban jiwa. "Kebakaran rumah diduga kuat berasal dari korsleting listrik," katanya.

Salah seorang Babinsa saat kejadian, Serda Harmin, menjelaskan, pada saat kejadian kebakaran itu ia sedang di kantor Kelurahan Padaleu. Setelah mendapati telepn, ia langsung menghubungi pihak Pemadam Kebakaran Kota Kendari untuk melaporkan rumah yang terbakar itu.

Baca Juga: Hari Bhayangkara ke-78, Polda Sulawesi Tenggara Hijaukan Konawe Selatan

"Dan syukurnya pihak pemadam kebakaran merespon dengan cepat untuk bergegas mendatangi rumah ibu RT yang tengah mengalami kebakaran," ujarnya.

Sementara itu, Danton 2 Pemadam Kebakaran Kota Kendari, Muslim mengatakan, setelah mendapati laporan dari Babinsa Kelurahan Padaleu, Kecamatan Kambu pihaknya langsung bergegas menuju tempat kejadian kebakaran.

Tanpa berlama-lama langsung mengevakuasi barang-barang rumah, kemudian memutuskan aliran listrik terlebih dahulu. Baru melakukan penyomprotan pada titik api untuk dipadamkan. (A)

Penulis: Bambang Sutrisno

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga