Diduga Tinggalkan PSSI dengan Utang Rp 100 Miliar, Ini Tanggapan Eks Ketua PSSI

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 10 Juli 2023
0 dilihat
Diduga Tinggalkan PSSI dengan Utang Rp 100 Miliar, Ini Tanggapan Eks Ketua PSSI
Iwan bule membantah utang PSSI sebanyak Rp 100 miliar, ia menyebut hanya sekitar Rp 30 miliar saja saat dirinya membuat pengakuan yang diunggah akun TikTok comfortproduction. Foto: Jateng.tribunnews.com

" Saat ini, PSSI tengah sibuk berbenah. Selain membenahi sistem kompetisi dan elemen-eleman lain yang berkaitan dengan persepakbolaan lapangan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Saat ini, PSSI tengah sibuk berbenah. Selain membenahi sistem kompetisi dan elemen-eleman lain yang berkaitan dengan persepakbolaan lapangan.

Erick Thohir juga membenahi manajemen keorganisasian di federasi tertinggi sepak bola dalam negeri tersebut. Pada beberapa waktu lalu, pengurus PSSI mengumumkan bahwa federasi memiliki utang yang hampir mencapai Rp 100 miliar seperti dikutip dari Yoursay.id.

Utang tersebut diduga hasil tinggalan para pengurus sebelumnya. Sebuah jumlah utang yang cukup fantastis, terlebih jika dibandingkan dengan pemasukan yang dimiliki oleh federasi.

Melansir Bola.com, Ketua PSSI, Erick Thohir, mengancam akan mengambil langkah tegas jika menemukan penyalahgunaan keuangan induk sepak bola Tanah Air itu buntut peninggalan utang nyaris Rp 100 miliar dari kepengurusan lama.

Baca Juga: Anak PNS Bisa Dapat Beasiswa Rp 45 Juta, Segera Cairkan Lewat Syarat Mudah Ini

Bila ditarik pada dua kepemimpinan sebelum Erick Thohir, PSSI dikepalai Mochamad Iriawan pada 2019-2023, Edy Rahmayadi pada 2016-2019, dan Joko Driyono serta Iwan Budianto pada 2019.

Bila ditarik pada dua kepemimpinan sebelum Erick Thohir, PSSI dikepalai Mochamad Iriawan pada 2019-2023, Edy Rahmayadi pada 2016-2019, dan Joko Driyono serta Iwan Budianto pada 2019.

Menanggapi hal tersebut, pengurus lama PSSI pun mulai angkat bicara. Mochamad Iriawan atau yang biasa disapa dengan Iwan Bule, Ketua Umum PSSI periode sebelumnya menjelaskan bahwa hal tersebut tidaklah benar adanya.

Dalam pengakuan Iwan Bule yang diunggah oleh akun TikTok comfortproduction menyatakan, hal itu tak sepenuhnya benar. Memang, menurut pria yang juga merupakan perwira kepolisian tersebut, PSSI memiliki beberapa utang, namun hal tersebut sangat wajar terjadi mengingat kondisi yang dialami oleh federasi kala itu.

"Itu tidak benar, utang itu enggak sampai segitu, ya," ucap Iwan Bule menegaskan perihal besaran utang PSSI.

Iwan Bule pun menjelaskan mengapa PSSI di era kepemimpinannya memiliki utang.

Baca Juga: Anies Beri Efek Kejut Soal Cawapres 16 Juli, Dua Wanita Ini Masuk Daftar

"Saya pikir wajar setiap pengurus meninggalkan utang. Karena apa? Kami hidup di zaman COVID-19. Masih bagus PSSI masih ada. Kami cari uang ke sana ke mari, wajar tidak ada pemasukan," terangnya.

Alasan lain pun dikemukakan oleh Iwan Bule.

"Laga tidak berjalan, kemudian juga Timnas harus tetap main. Kami tetap harus memberikan kontribusi. Kemudian kepegawaian harus tetap ada. Tidak ada yang dipecat, tidak ada yang di-PHK. Jadi tidak benar, utang sampai 100 miliar rupiah, ya," jelasnya dikutip dari Yoursay.id.

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga