Digulung Malaysia 1-5, Indonesia Gagal ke Piala Asia

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 10 Oktober 2022
0 dilihat
Digulung Malaysia 1-5, Indonesia Gagal ke Piala Asia
Skuat Malaysia U-17 merayakan golnya ke gawang Indonesia di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor. Foto: Repro Bolanet

" Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal lolos ke PIala Asia U-17 2023, setelah kalah 1-5 dari Malaysia "

BOGOR, TELISIK.ID - Timnas Indonesia U-17 kalah 1-5 dari Malaysia di laga pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17, Minggu (9/10/2022).

Partai Indonesia vs Malaysia di laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Timnas Indonesia U-17 sebenarnya hanya memerlukan hasil imbang saja untuk lolos langsung ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Namun dengan kekalahan 1-5, Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal lolos ke Piala Asia U-17 tahun 2023.

Di awal laga, tuan rumah Indonesia langsung memberi tekanan. Arkhan Kaka Putra memberi kejutan lewat tendangan keras yang masih membentur mistar gawang pada menit kedua.

Skuad Garuda Asia menguasai pertandingan di 15 menit pertama. Serangan demi serangan dilancarkan Kafiatur Rizky dan rekan-rekan tapi tidak berbuah gol.

Baca Juga: Lagi, Timnas Indonesia Hajar Curacao 2-1 di Laga FIFA Matchday

Tapi Malaysia mampu bermain lebih efektif. Di menit ke-17 Malaysia membuka keran gol melalui Zainurakhimi setelah memanfaatkan operan terukur dari Arami Rafiy.

Tiga menit berselang, Malaysia menggandakan keunggulan. Kesalahan penguasaan bola dari Sulthan Zaky membuat Anjasmirza merebut bola lalu memberi umpan kepada Arami Wafiy dan menyarangkan bola ke gawang.

Melansir Cnnindonesia.com, Malaysia semakin beringas usai menambah keunggulan melalui gol cepat Anjasmirza yang berhasil merebut bola dari kaki Habil Abdillah Yafi pada menit ke-23.

Harimau Malaya Muda semakin tidak terbendung ketika pola serangan apik dari sisi kiri membuahkan gol keempat. Umpan Zainurakhimi disambar Afiq Danish sehingga bola bersarang di gawang Andrika Fathir untuk keempat kalinya hanya berselang tiga menit dari gol ketiga mereka.

Petaka bagi Indonesia semakin menjadi usai Anjazmirza dilanggar di kotak penalti Timnas Indonesia pada menit ke-39. Itu membuat wasit menunjuk titik putih. Arami Wafiy yang bertugas sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya sehingga Malaysia unggul 5-0 di paruh pertama.

Melansir detik.com, babak kedua, Malaysia hampir mencetak gol keenamnya. Sebuah tembakan dari Danish hampir membobol gawang Indonesia lagi, namun bola dimentahkan mistar gawang.

Baca Juga: Siswa SD 81 Kendari Juara Umum Pencak Silat Usia Dini, Emas hingga Perunggu Diborong

Menit ke-58, Indonesia menciptakan peluang baik ketika mengirim umpan silang ke mulut gawang. Namun, Riski Afrisal tak mampu menanduk bola dengan baik.

Indonesia terus berusaha untuk memberikan ancaman, namun tidak ada gol balasan yang tercipta hingga menit ke-70. Malaysia masih unggul 5-0.

Pada menit ke-87, Riski Afrisal mengeksekusi tendangan bebas dengan sangat baik. Namun, tendangan kaki kirinya masih mampu ditinju oleh kiper Malaysia, Farish Farhan.

Menjelang laga habis, Arkhan Kaka sukses mencetak sebuah gol untuk Indonesia. Laga pun berakhir dengan skor 1-5. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga