Dikawal Ketat Polisi, TKA China Berhasil Lolos dari Pendemo

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Rabu, 22 Juli 2020
0 dilihat
Dikawal Ketat Polisi, TKA China Berhasil Lolos dari Pendemo
Rombongan TKA asal China tiba di Sultra, Selasa malam. Foto: Hamka Dwi Sultra/Telisik

" Kami tidak berhasil menahan, karena jumlah pengamanan dan pengawalan lebih banyak dari jumlah kami. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China berhasil masuk di Sulawesi Tenggara dengan pengawalan ketat aparat kepolisian setelah sejumlah mahasiswa menggelar aksi penolakan di gerbang perbatasan Ranomeeto-Kendari, Selasa (21/7/2020) malam.

Dari pantauan Telisik.id, rombongan TKA asal China berhasil lolos sekira pukul 23.00 Wita melalui jalur pertigaan Konda menuju Bundaran Adipura Lepo-lepo, Kendari.

Dikabarkan, kedatangan TKA asal China ini merupakan gelombang terakhir dari 500 TKA yang akan bekerja di PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan Obsidian Stainless Steel (OSS) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Pesawat yang ditumpangi TKA asal China mendarat di Bandara Haluoleo, Konawe Selatan pada Selasa malam.

Baca juga: Demo di Makassar Halangi Jalan, Pengendara: Mahasiswa Tak Beretika

Sebelum mendarat, sejak pukul 21.00 Wita puluhan mahasiswa menggelar aksi blokade gerbang perbatasan Ranomeeto-Kendari yang akan dilalui TKA tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun Telisik.id, saat massa aksi mengetahui jalur yang dilalui TKA dialihkan, puluhan massa aksi tersebut segera menuju Bundaran Lepo-Lepo, Kendari.

"Kami tidak berhasil menahan, karena jumlah pengamanan dan pengawalan lebih banyak dari jumlah kami," ujar Korlap Aksi, Ilham Nur Baco.

Diketahui, rombongan TKA asal China tersebut keluar Bandara Haluoleo menumpangi mobil Avanza dan Xenia disertai pengawalan ketat dari polisi.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga