Dikbud Sulawesi Tenggara Bentuk FKO untuk Membangun Komunikasi antar Pelajar

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 16 Desember 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Bentuk FKO untuk Membangun Komunikasi antar Pelajar
Suasana pelantikan ketua dan pengurus Forum Komunikasi OSIS (FKO) Kota Kendari. Foto: Ist.

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara membentuk Forum Komunikasi OSIS (FKO) Kota Kendari, guna membangun komunikasi antar pelajar di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara, membentuk Forum Komunikasi OSIS (FKO) Kota Kendari, guna membangun komunikasi antar pelajar di Kota Kendari.

Sebanyak 39 SMA/SMK se-Kota Kendari tergabung dalam FKO Kota Kendari dan 39 ketua OSIS SMA/SMK akan diamanahkan menjadi pengurus FKO Kota Kendari. Ketua Osis SMAN 2 Kendari, Tenri Salsa Eka Putri, terpilih sebagai Ketua FKO Kota Kendari periode 2023-2024.

Forum Komunikasi OSIS Antar Sekolah adalah platform kolaboratif yang memungkinkan pertukaran ide, pengalaman, dan koordinasi antara organisasi siswa intra sekolah dari berbagai sekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterlibatan siswa, meningkatkan pemahaman antarlembaga, dan menciptakan kerja sama yang lebih baik di tingkat yang lebih luas.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Yusmin menjelaskan, forum itu bertujuan untuk menjalin silaturahmi di antara siswa-siswi SMA/SMK agar dapat saling mengenal dalam ruang yang lebih luas dari sekolah mereka.

Yusmin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara melantik ketua dan pengurus FKO Kota Kendari. Foto: Ist.

 

"Forum ini adalah forum yang baru pertama kali dibentuk untuk tingkat SMA/SMK, kami berharap silaturahmi akan mengurangi tawuran yang lagi marak di antara sekolah," jelas Yusmin, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Tekankan Moderasi Beragama di Sekolah, Cegah Tawuran Antar Pelajar

Yusmin mengaku, pihaknya akan memfasilitasi sekretariat serta beberapa biaya-biaya yang dibutuhkan sebagai konsekuensi terbentuknya FKO Kota Kendari.

Sementara itu, Ketua FKO Kota Kendari, Tenri Salsa Eka Putri menjelaskan, tantangan sebagai ketua untuk membangkitkan forum ini yaitu menyatukan berbagai stakeholder dengan berbagai kepentingan dan pendapat sehingga menjadi satu, kemudian memikirkan untuk ke depannya manfaat apa yang bisa FKO berikan untuk pelajar di Kota Kendari yang dapat membawa perubahan yang baik.

Yusmin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

"Kami dari FKO memiliki peranan dan mengambil aksi bagaimana cara untuk mengatasi dan mencegah dekadensi moral di kalangan pelajar dengan menyatukan Ketua-Ketua OSIS SMA/SMK se-Kota Kendari untuk bersama-sama mencari solusi dari permasalahan tersebut agar tidak terjadi lagi, tentunya FKO ini dapat menjadi wadah pengembangan bagi pelajar," jelas Tenri.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Tekankan Moral Melalui Pendidikan Pancasila Guna Kurangi Bullying

Dia juga berharap, FKO ini bisa menjadi wadah yang berguna untuk menyalurkan kontribusi positif pelajar, khususnya Kota Kendari dan tunjukkan peran sebagai pelajar untuk menjadi kontributor peradaban bangsa, FKO ini dapat maju terus membawa hal-hal positif bagi pelajar.

Juga dapat menjalin silaturahmi antar pelajar SMA/SMK se-Kota Kendari dengan adanya perwakilan Ketua OSIS dari tiap sekolah dapat bersatu menyatukan visi dan misi untuk ke depannya, sehingga tidak ada lagi konflik yang terjadi antar sekolah maupun pelajar.

Dengan adanya Forum Komunikasi OSIS Antar Sekolah, diharapkan dapat tercipta kerja sama yang lebih baik, pertukaran ide yang produktif, dan terwujudnya sinergi positif antarlembaga untuk meningkatkan pengalaman siswa di berbagai sekolah. (B-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga