Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Pelatihan Guru Komunitas Belajar di Tiga Kabupaten

Nur Fauzia, telisik indonesia
Senin, 27 Mei 2024
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Pelatihan Guru Komunitas Belajar di Tiga Kabupaten
Pengimbasan Kurikulum Merdeka Belajar oleh Dikbud Sulawesi Tenggara di Kabupaten Bau-bau oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Penganggaran Nurhaerani Haeba. Foto: Ist.

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan guru komunitas belajar di tiga kabupaten sekaligus, Senin (27/5/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan guru komunitas belajar di tiga kabupaten sekaligus, Senin (27/5/2024).

Kepala bidang perencanaan dan penganggaran Dikbud Sulawesi Tenggara, Nurhaerani Haeba kepada Telisik.id menyampaikan, pelatihan ini dilakukan di Kabupaten Bau-bau, Buton, dan Buton Selatan secara serentak selama dua hari, yaitu tanggal 27 sampai 28 Mei 2024.

Nurhaerani menyampaikan sasaran kegiatan ini adalah guru-guru SMA yang belum menjadi guru penggerak. Kegiatan tersebut diikuti 100 orang peserta dari masing-masing kabupaten.

Baca Juga: Dengan Nuansa Modern Minimalis, Warkop Moni jadi Tempat Nongkrong Nyaman di Kendari

Kata dia, tidak semua sekolah diikutsertakan dalam pelatihan ini karena terlalu banyak, namun program ini akan terus dijalankan sehingga menjadi program tahunan dari Dikbud Sulawesi Tenggara karena program Merdeka Belajar yang masih baru sehingga butuh proses pengenalan kepada guru-guru.

"Untuk peserta kegiatan ini diserahkan kepada kantor cabang dinas yang melakukan pemilihan peserta secara umum, yaitu masing-masing sekolah terdapat 5 sampai 6 orang guru yang diutus dalam pelatihan ini," ungkapnya.

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan dan keterampilan guru, mendorong guru untuk menjadi guru penggerak yang mampu menginspirasi dan memotivasi siswa untuk belajar, serta meningkatkan mutu pembelajaran dan prestasi siswa.

Kegiatan pelatihan guru komunitas belajar ini, merupakan program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara bersama dengan tim guru penggerak provinsi Sulawesi Tenggara, dengan narasumbernya adalah guru penggerak yang telah bersertifikat dan mendapat rekomendasi dari Kemendikbud.

Baca Juga: Warga Kendari Keluhkan Kali Kadia Meluap hingga jadi Langganan Banjir

Kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 4 Baubau, SMKN 2 Buton, dan  SMAN 1 Sampolawa. Kegiatan ini dilaksanakan dilingkungan sekolah karena ada praktek kerja yang dilakukan oleh narasumber yang diperlihatkan kepada guru-guru di sekolah.

Nurhaerani berharap, agar guru yang mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat secara faktual di sekolah sehingga dapat berinteraksi dengan siswa lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Kita harapkan ketika mereka pulang mereka lebih banyak dan lebih baik lagi dalam berinteraksi sama siswa, kemudian mereka juga dapat memberikan pengimbasan kepada guru-guru paling tidak di sekolahnya masing-masing," tandasnya. (C-Adv)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga