Dikenal Sebagai Lokasi Tawuran, Jalan Pampang Kini Berubah

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Minggu, 14 Juni 2020
0 dilihat
Dikenal Sebagai Lokasi Tawuran, Jalan Pampang Kini Berubah
Aparat Polsek Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bersama warga, menyulap Jalan Pampang yang tadinya kerap jadi lokasi tawuran, menjadi lebih indah. Foto: Rezki Mas'ud/Telisik

" Mudah-mudahan setalah dilakukan pembersihan dan pengecetan di lorong Pampang dan Kampung Baru, tidak ada lagi tawuran. Kasihan warga sekitar kalau anak muda yang harusnya berkreasi malah tawuran karena hal yang tidak penting. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Kesan kumuh dan anarkis sangat kental terasa di Jalan Pampang yang terletak di Kelurahan Pampang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pasalnya, di lokasi itu seringkali terjadi tawuran antar warga. Untuk menghilangkan kesan kumuh dan anarkis itu, Polsek Panakukang bersama Tripika Kecamatan Panakkukang mengajak warga untuk berkreasi memperindah lorong di Pampang dan Kampung Baru, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Minggu (14/06/2020).

Seluruh personel Polsek Panakkukang bersama Banbinsa Koramil 10-PNK dan aparat Kecamatan Panakkukang mengecat dinding sepanjang Jalan Pampang agar jalan itu tampak lebih indah.

Kini, kesan kusam berubah menjadi warna-warni. Kesan lengang hilang berganti dengan keceriaan. Aturan tertutup sudah tidak berlaku lagi. Kampung Pampang sudah terlihat lebih bersih. Warga dan juga berharap pasca dibersihkan, tidak ada lagi tawuran warga atau semacamnya di wilayah itu.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Kota Kendari Tersisa Lima Orang

“Mudah-mudahan setalah dilakukan pembersihan dan pengecetan di lorong Pampang dan Kampung Baru, tidak ada lagi tawuran. Kasihan warga sekitar kalau anak muda yang harusnya berkreasi malah tawuran karena hal yang tidak penting.” ungkap Uni, Warga Pampang.

Tak berhenti hanya soal kebersihan, warga Pampang  pun mewarnai tembok-tembok jalan, gang, dan spot lain yang bisa diberi lukisan. Jalan masuk gang juga rencananya akan dirias cantik untuk swafoto (selfie).

“Rencananya lukisan di dinding  menggunakan cat semprot untuk melukis dinding jalan dan ada yang memakai cat tembok,” cetus Uni.

“Beruntung kita punya Pak Polisi yang humanis. Semua yang dilakukan di Kelurahan Pampang ini atas inisiatif Polsek Panakkukang dan Tripika Kecamatan Panakkukang,” tambahnya.

Baca juga: Penyebaran Virus COVID-19 di Sultra, Tujuh Sembuh, Empat Orang Positif

Hebatnya, gagasan mempercantik kompleks ini mendapat sambutan positif dari semua warga. Partisipasi warga sungguh luar biasa. Bapak-bapak selepas bekerja di sore hingga malam hari melanjutkan pembersihan dan pengecatan yang belum selesai.

Kapolsek Panakkukang, Jamal Fathur Rakhman memberikan instruksi kepada anggotanya untuk membuat kampung mandiri di Kelurahan Pampang yang terkenal sebagai lokasi tawuran.

”Pampang itu indah kalau ditata dan generasi muda di wilayah tersebut diberi pengarahan agar jangan lagi ada tawuran atau perang kelompok. Kita mencoba merangkul mereka dan mengajak kerja bakti untuk memperindah lorong dimana mereka sering berkumpul agar terlihat rapi dan bersih.” ungkapnya.

Pria Kelahiran Subang tahun 1984 ini berharap jika Kelurahan Pampang dijadikan kampung mandiri, tidak ada lagi yang namanya tawuran, tetapi menjadi kampung percontohan dan kampung kreatif.

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga