Dikritik DPRD, Pemkot Akui Penanganan Sampah Menurun

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 11 November 2019
0 dilihat
Dikritik DPRD, Pemkot Akui Penanganan Sampah Menurun
Wali Kota Kendari, H Sulkarnain K. Foto: Ibnu/Telisik

" Kita memang akui penanganan sampah mengalami penurunan, namun penurunan ini disebabkan banyaknya masyarakat yang harus dilayani. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengakui penanganan sampah belum ditangani secara maksimal.

Pengakuan tersebut muncul setelah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari melontarkan kritikan, bahwa penanganan sampah di Kota Kendari sebagai peraih penghargaan adipura hingga kesepuluh kali telah menurun.

Meskipun menerima kritikan itu, Wali Kota Kendari, H Sulkarnain K., menuturkan bahwa penurunan penanganan sampah bukan terjadi karena menurunnya kinerja petugas kebersihan.

"Kita memang akui penanganan sampah mengalami penurunan, namun penurunan ini disebabkan banyaknya masyarakat yang harus dilayani," katanya, Senin (11/11/2019).

Politisi PKS ini menerangkan saat ini jumlah penduduk Kota Kendari hampir mencapai angka 400 ribu dibandingkan jumlah tahun sebelumnya yang masih diangka 200 ribu penduduk.  Pertambahan jumlah penduduk secara otomatis menimbulkan banyak sampah yang dihasilkan dari aktifitas-aktifitas masyarakat karena perilaku serta pola konsumsi masyarakat.

Mengatasi masalah ini, Sulkarnain menuturkan akan menambah jumlah armada truk sampah pada 2020 mendatang, dengan harapan dapat mengatasi masalah sampah dengan maksimal.


Ibnu

Artikel Terkait
Baca Juga