Dimulai Hari Ini, Operasi Patuh Anoa 2023 Sasar 7 Jenis Pelanggaran

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 10 Juli 2023
0 dilihat
Dimulai Hari Ini, Operasi Patuh Anoa 2023 Sasar 7 Jenis Pelanggaran
Polres Konawe menggelar apel pasukan Operasi Patuh Anoa 2023 di halaman Mako Polres Konawe. Foto: Ist.

" Mulai hari ini, Senin (10/7/2023), Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara melaksanakan Operasi Patuh Anoa tahun 2023 "

KONAWE, TELISIK.ID - Mulai hari ini, Senin (10/7/2023), Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara melaksanakan Operasi Patuh Anoa tahun 2023. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, hingga 23 Juli 2023 di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi Patuh Anoa bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, serta menekankan pentingnya patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cerminan moralitas bangsa.

Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi saat memimpin apel gelar pasukan pembukaan Operasi Anoa di halaman Mako Polres Konawe mengatakan, ada 7 jenis pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Patuh Anoa 2023, yaitu pertama, menggunakan ponsel saat sedang mengemudi. Karena penggunaan ponsel dapat mengalihkan perhatian pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Kedua, pengemudi kendaraan bermotor yang masih di bawah umur. Karena mengemudikan kendaraan memerlukan kematangan dan pemahaman akan aturan lalu lintas.

Ketiga, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang. Keselamatan pengendara dan penumpang harus diutamakan dengan mematuhi kapasitas maksimal kendaraan.

Baca Juga: Kurangi Kecelakaan Polres Konawe Gelar Operasi Ketupat Anoa 2023

Keempat, Polri mengingatkan pentingnya menggunakan safety belt dan helm berstandar SNI sebagai upaya melindungi pengemudi dan penumpang dari risiko cedera serius dalam kecelakaan.

Kelima, pengendara kendaraan bermotor yang mengonsumsi alkohol. Polri akan melakukan penindakan terhadap pengendara yang terbukti mengonsumsi alkohol atau dalam pengaruhnya. Karena mengemudi dalam kondisi mabuk dapat mengancam keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

Keenam, Polri juga akan memberikan sanksi kepada pengemudi yang melawan arus. Melakukan tindakan tersebut meningkatkan risiko kecelakaan serius dan dapat mengganggu kelancaran lalu lintas.

Dan terakhir, pengendara kendaraan bermotor yang melebihi natas kecepatan. Kecepatan yang berlebihan dapat mengurangi waktu reaksi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi, mengingatkan seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Patuh Anoa 2023 untuk senantiasa mengedepankan faktor keamanan, keselamatan, dan kesehatan.

"Kesejahteraan personel harus menjadi prioritas saat melaksanakan tugas penertiban pelanggaran lalu lintas," ungkapnya.

Baca Juga: Operasi Bina Kusuma Anoa 2023 Kedepankan Pendekatan Persuasif

Dalam kesempatan ini, AKBP Ahmad Setiadi berharap operasi ini dapat berjalan dengan sukses dan masyarakat semakin sadar akan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Konawe IPTU Ridwan Koto menjelaskan, kegiatan Operasi Anoa 2023 ini akan dilaksanakan di beberapa titik rawan.

"Kita akan lakukan secara mobile dengan tidak berada di satu tempat saja," ujarnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga