Akhir Masa Jabatan, Bupati Arhawi Resmikan Gedung Baru RSUD Wakatobi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 19 Juni 2021
0 dilihat
Akhir Masa Jabatan, Bupati Arhawi  Resmikan Gedung Baru RSUD Wakatobi
Bupati Wakatobi H. Arhawi, saat resmikan gedung baru RSUD Wakatobi. Foto: Boy Candra F/ Telisik

" Bupati Wakatobi, H. Arhawi, meresmikan gedung baru di RSUD Wakatobi. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Bupati Wakatobi, H. Arhawi, meresmikan gedung baru di RSUD Wakatobi, Sabtu (19/6/2021).

Peresmian dilakukan tepat sepekan sebelum Arhawi mengakhiri jabatannya sebagai Bupati Wakatobi periode 2016-2021.

Tiga gedung baru yang diresmikan yakni gedung IGD, ICU, dan kamar operasi, gedung rawat inap kelas 1, 2, dan 3, serta gedung Hiperbaric Chambers.

Bupati Wakatobi Arhawi mengatakan, sudah 19 tahun lamanya Wakatobi berdiri sebagai kabupaten maritim. Bersamaan dengan hal tersebut, Pemda Wakatobi dari tahun ke tahun tahun telah berusaha dan berjuang untuk mendorong pembangunan infrastruktur, khususnya pembangunan gedung RSUD Wakatobi.

“Alhamdulilah berkat perjuangan kita bersama, khususnya jajaran pemerintah daerah Kabupaten Wakatobi. Beberapa tahun terakhir ini telah mendapatkan kepercayaan dari Kementrian pusat," kata Arhawi saat memberikan sambutan.

"Dimana Kabupaten Wakatobi pada dua atau tiga tahun terakhir ini, telah bebas dari stunting. Maka dari itu diberi apresiasi oleh Kementrian Kesehatan dengan mengalokasikan berbagai anggaran, khususnya pembangunan gedung rumah sakit yang saat ini sama-sama kita saksikan," sambungnya.

Baca juga: Pelaku Pedofil Puluhan Anak di Busel Diamankan Polisi

Baca juga: Kasus Korupsi Tambang, Kejaksaan Diminta Segera Tangkap Dua Tersangka Lain

Selain itu, Bupati Arhawi tidak henti-hentinya menyampaikan ucapan terima kasih untuk seluruh masyarakat Wakatobi, khususnya jajaran Pemda, Direktur rumah sakit, dan jajarannya yang telah berjuang dan saling bahu membahu untuk mendukung pembangunan rumah sakit ini.

"Saya harapkan ketika pembangunan gedung diresmikan, pihak rumah sakit agar menjaga dan merawat. Bahkan ditingkatkan di masa yang akan datang agar kebutuhan masyarakat akan pentingnya kesehatan dapat diberikan pelayanan yang sebaik-baiknya,” ujar Bupati Arhawi.

Sementara itu, Direktur RSUD Wakatobi, dr Munardin mengatakan, gedung ini merupakan gedung yang rampung sejak 2019 dengan tiga lantai untuk ICU, IGD, dan kamar operasi serta dua lantai gedung rawat jalan/poliklinik, serta tambahan gedung Hiperbaric Chambers.

Untuk Gedung IGD menampung 11 pasien, ICU delapan pasien, serta kamar operasi tiga pasien dengan menelan biaya kurang lebih Rp 20 miliar.

Kemudian gedung rawat inap untuk perawatan kelas 1, 2, dan 3 dengan anggaran kurang lebih Rp 13 miliar. Selanjutnya untuk Hiperbaric Chambers dengan daya tampung 6 pasien dengan pendamping dua petugas dengan anggaran kurang lebih Rp 11 miliar.

Lebih lanjut, dr Munardin menambahkan, untuk mendukung visi dan misi Bupati Wakatobi di bidang pariwisata, RSUD Wakatobi telah membangun gedung Hiperbaric Chambers beserta layanan kesehatannya yang belum dimiliki rumah sakit lain yang ada di Sulawesi Tenggara.

Acara peresmian gedung RSUD Wakatobi sendiri selain dihadiri Bupati dan Direktur RSUD Wakatobi, turut hadir dalam peresmian tersebut ketua DPRD Wakatobi, forum koordinasi pimpinan daerah, ketua pengadilan agama, perwakilan dari Kapolres, Sekretaris Daerah, Perwira penghubung, para pejabat fungsional, dan tamu undangan lainnya. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga