Dinas Perhubungan Bakal Intervensi Tarif Angkutan Darat di Kabaena

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 06 April 2021
0 dilihat
Dinas Perhubungan Bakal Intervensi Tarif Angkutan Darat di Kabaena
Ramsi Rafiu, Kepala Dinas Perhubungan Bombana. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Sewa mobil di sana mahal sekali. Dinas Perhubungan harus turun tangan supaya tarif penumpang tidak ditetapkan sepihak oleh para sopir. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana akan mengintervensi tarif angkutan darat kendaraan roda empat yang beroperasi di daratan Pulau Kabaena.

Kehadiran KMP Dharma Kencana I di Kabupaten Bombana menjadi kabar gembira bagi masyarakat karena memiliki fasilitas yang memadai. Namun masyarakat mulai khawatir dengan tarif angkutan darat yang beroperasi menghubungkan antar desa di Pulau Kabaena.

Iwan salah satu warga Kabaena menilai Pemerintah Daerah (Pemda) perlu turun tangan mengintervensi tarif penumpang mobil yang dikatakannya sangat mahal.

Berdasarkan informasi yang diterima, tarif penumpang mobil yang biasa menjemput di Pelabuhan Pising dikenakan tarif sampai Rp 70.000.

"Sewa mobil di sana mahal sekali. Dinas Perhubungan harus turun tangan supaya tarif penumpang tidak ditetapkan sepihak oleh para sopir," keluhnya.

Baca juga: Kasus Kejahatan Seksual Terhadap Anak di Konsel Terus Bertambah

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Bombana, Ramsi Rafiu kaget ketika Telisik.id mengonfirmasi perihal itu.

Ramsi pun berjanji akan segera melakukan pengkajian bersama pimpinan untuk dibuatkan standar aturan penetapan tarif bersamaan dengan jadwal dan tarif tiket kapal yang baru saja diserahterimakan.

"Begitukah. Setelah ini kami akan rapat dengan pimpinan supaya cepat dibuat jadwal keberangkatan dan harga tiket feri baru ini serta tarif penumpang darat di Kabaena," pungkasnya saat ditemui di Pelabuhan Kasipute Kemarin.

Sebagai bahan pertimbangan penetapan tarif sewa angkutan darat di Pulau Kabaena, Telisik.id menghitung jarak tempuh yang dilintasi kendaraan dari Pelabuhan Pising berdasarkan aplikasi Google Maps.

Diantaranya: jarak tempuh dari Pelabuhan Pising menuju Dongkala Kabaena Timur 50 kilometer. Pelabuhan Pising-Pongkalaero berjarak 54 kilometer, sedangkan dari Pelabuhan Pising menuju Tangkeno berjarak tempuh 35 kilometer. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga