Kasus Kejahatan Seksual Terhadap Anak di Konsel Terus Bertambah

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 06 April 2021
0 dilihat
Kasus Kejahatan Seksual Terhadap Anak di Konsel Terus Bertambah
Pekerja Sosial RI Wilayah Konsel, Helpin Ezza. Foto: Ist.

" Korban mengalami trauma terhadap kasus yang menimpanya. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Kasus kejahatan seksual terhadap anak di Konawe Selatan (Konsel) terus bertambah. Hingga April 2021, Satuan Pekerja Sosial Wilayah Konsel telah mencatat sebanyak 20 kasus.

Pekerja Sosial RI Wilayah Konsel, Helpin Ezza mengungkapkan, kasus kejahatan seksual kepada anak di Konsel terus bertambah, tentunya tren itu sangat mencemaskan masyarakat.

Ia menyebutkan, pekan ini misalnya, pihaknya sementara melakukan proses pendampingan korban kejahatan seksual terhadap anak di Kecamatan Angata, Kabupaten Konsel.

"Korban mengalami trauma terhadap kasus yang menimpanya," kata Helpin, Selasa (6/4/2021).

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Jelang Ramadan, Pasar Murah Dipadati Emak-Emak

Untuk itu, pihaknya berusaha melakukan pendampingan dalam hal layanan dukungan psikososial terhadap korban guna memulihkan rasa trauma yang dialami dan memastikan kesehatan korban dalam keadaan baik serta membantu membangkitkan rasa percaya diri korban.

Selain itu, Ia juga memberi advokasi untuk membantu menggali keterangan korban dalam proses penyidikan, mendampingi korban sampai ke proses persidangan agar hak korban terpenuhi sesuai amanat undang-undang yang berlaku.

"Dari sisi hukum, kami juga melakukan pendampingan hingga ke tahap pengadilan. Hal itu, guna memastikan hak korban terpenuhi sesuai Undang-Undang SPPA Nomor 11 tahun 2012," ujarnya.

Dari dampak yang ditimbulkan itulah, pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya orang tua agar memperhatikan pergaulan anak.

"Peran orang tua penting untuk menjadi pilar proteksi anak dari kejahatan seksual," pungkasnya. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga