Dinilai Tak Jalankan Fungsinya, Plt Kades Wakumoro Diberi Mosi Tidak Percaya

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 12 Agustus 2020
0 dilihat
Dinilai Tak Jalankan Fungsinya, Plt Kades Wakumoro Diberi Mosi Tidak Percaya
FRASA saat menggelar aksi demonstrasi. Foto: Ist.

" Intinya mayoritas masyarakat sudah tidak sepakat sama pelaksana itu. "

MUNA, TELISIK.ID - Masyarakat Desa Wakumoro, Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna yang tergabung dalam Forum Aspirasi Masyarakat (FRASA), mulai resah dengan kepemimpinan Plt kepala desa (Kades) mereka.

Pasalnya, Plt Kades Wakumoro, La Salama, dinilai sudah tidak menjalankan fungsinya sebagai pelaksana dengan banyaknya permasalahan di desa, termasuk soal realisasi ADD dan DD yang masih ada pos-pos anggaran yang tidak terlaksana.

Koordinator FRASA, La Ode Muh Rifaldi menerangkan, pihaknya telah mengumpulkan tandatangan masyarakat untuk mosi tidak percaya ke Plt Kades Wakumoro.

"Itu ada sekitar 240-an tandatangan masyarakat soal mosi tidak percaya ke pelaksana," paparnya, Rabu (12/8/2020).

Tak sampai di situ, pihaknya juga meminta agar Bupati Muna, LM Rusman Emba untuk segera mencopot La Salama dari jabatan Plt Kades Wakumoro.

Baca juga: Setelah Dua Dekade, Pemkab Muna Kini Bebas dari Utang

"Intinya mayoritas masyarakat sudah tidak sepakat sama pelaksana itu," cetusnya.

Sementara itu, Anggota BPD Wakumoro, Ismail mengaku, sejak delapan bulan belakangan, pihaknya baru sekali menerima insentif.

"Sejak Januari sampai Agustus 2020 ini, kita Anggota BPD baru satu kali terima insentif," ungkanya.

Belum lagi katanya, Laporan pertajungjawaban (LPJ) 2019 belum juga tuntas hingga kini. Setelah dilakukan pengecekan terangnya, terdapat beberapa pos anggaran yang belum dituntaskan dari ADD dan DD.

"Padahal kan, kalau ada kegiatan yang tidak terlaksana, harusnya masuk dalam dana Silpa dan dimasukan dalam APBDes tahun 2020 ini. Tapi ini tidak ada kata Silpa di situ, makanya kami juga bingung," jelasnya.

Reporter: Kardin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga