Dinkes Kota Kendari Beri Bekal Kader SPM Lansia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 20 Juni 2023
0 dilihat
Dinkes Kota Kendari Beri Bekal Kader SPM Lansia
Peserta kegiatan SPM lansia diberikan bekal untuk mengupgrate pengetahuan bagi kader-kader pada saat turun lapangan. Foto: Ist.

" Memberikan pelayanan kesehatan pada lanjut usia (lansia), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari melakukan standar pelayanan minimal (SPM) "

KENDARI TELISIK.ID - Memberikan pelayanan kesehatan pada lanjut usia (lansia), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari melakukan standar pelayanan minimal (SPM).

SPM adalah ketentuan jenis dan mutu pelayanan dasar, merupakan urusan wajib pemerintahan dan menjadi hak setiap warga negara untuk memperoleh pelayanan secara minimal.

Terdapat 12 indikator SPM bidang kesehatan, yang mana dalam pelaksanaannya diperlukan rumusan strategi bersama antara pihak pemerintah, swasta dan masyarakat.

Hal itu bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik, sekaligus mendorong peran serta masyarakat dalam mendukung SPM.

Baca Juga: Dinkes Kota Kendari Lakukan Program Peningkatan Kapasitas Bidang Perencanaan, Keuangan dan Aset Daerah

Tujuan kegiatan itu untuk merefreshing dan mengupdate kemampuan para programer dari kader lansia dalam peningkatan SPM kepada lansia.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Kendari, saat membuka kegiatan pertemuan refresing kader lansia puskesmas se-Kota Kendari, mengatakan akan ada pengalaman baru yang bisa mereka dapatkan.

“Kita berharap para kader lansia tidak pudar semangat jiwa sosialnya, karena dengan kesibukan di rumah masing-masing ditambah dengan tanggung jawab yang kita minta ke mereka,” ujarnya, Selasa (20/6/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg Rahminingrum mengatakan, kegiatan itu untuk memberikan bekal pada kader-kader pada saat turun ke lapangan. Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 30 orang di antaranya 15 kader lansia dan 15 programer kader lansia.

“Ini diharapkan agar lansia kita tetap menua dengan sehat dan produktif, agar tidak membebani lingkungan sekitar dan anak-anak kita,” ujarnya.

Baca Juga: Faskes Vaksin COVID-19 di Dinkes Kota Kendari Sepi di Bulan Ramadan

Dikutip dari laman Kemkes.go.id, berdasarkan data tahun 2021 di Indonesia lansia berjumlah 22.630.882 jiwa. Pemerintah mencanangkan pelayanan bagi lansia melalui beberapa jenjang yaitu pelayanan kesehatan ditingkat masyarakat adalah posyandu lansia.

Pelayanan Kesehatan lansia tigkat dasar adalah Puskesmas dan pelayanan tingkat lanjut Rumah sakit. Pemberian layanan kesehatan bagi lansia merupakan salah satu indikator standar pelayanan minimal bidang kesehatan yang wajib dipenuhi oleh kabupaten/kota dan provinsi dengan dibantu bimbingan dan supervisi pemerintah pusat.

Pengelolaan data SPM bidang kesehatan menunjukkan bahwa terdapat tiga alasan satu dalam kurung 74,1% kabupaten kota yang menginput data indikator pelayanan kesehatan lansia tahun 2020. Dari sejumlah kabupaten kota yang melaporkan data, diketahui bahwa Sulawesi Tenggara memiliki cakupan pelayanan kesehatan lansia pada tahun 2021 sebesar 35,56 persen. (A)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga