Dinkes Kota Kendari Lakukan Program Peningkatan Kapasitas Bidang Perencanaan, Keuangan dan Aset Daerah

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 14 Juni 2023
0 dilihat
Dinkes Kota Kendari Lakukan Program Peningkatan Kapasitas Bidang Perencanaan, Keuangan dan Aset Daerah
Peserta kegiatan program peningkatan kapasitas bidang perencanaan, keuangan dan aset daerah lingkup Dinas Kesehatan Kota Kendari. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Sebagai salah satu wujud dalam meningkatkan kapasitas perencanaan keuangan dan aset, Dinas Kesehatan Kota Kendari menggelar pengelolaan perencanaan bidang dan aset "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai salah satu wujud dalam meningkatkan kapasitas perencanaan keuangan dan aset, Dinas Kesehatan Kota Kendari menggelar pengelolaan perencanaan bidang dan aset.

Strategi dan arah kebijakan dalam penyusunan program, diharapkan dapat menjadi penghubung yang dapat mensinkronkan perencanaan dan program prioritas antara perangkat daerah dan pemerintah daerah, sehingga dalam mencapai tujuan dan sasaran telah ditetapkan perlu strategis yang tepat selaras dengan strategi dan kebijakan daerah sesuai rencana program prioritas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala mengatakan, jika perencanaan tidak matang maka pelaksanaan pekerjaan butuh ekstra pengamanan, begitupun sebaliknya, jika perencanaan bagus maka setengah pekerjaan bisa dikatakan sudah aman.

Baca Juga: Unifit Distributor Kendaraan Listrik di Kota Kendari

Perencana yang diharapkan adalah mereka yang bekerja tanpa ada intervensi dari manapun. Sehingga jika dalam implementasinya nanti ada dinamika yang terjadi, maka saat itulah dibutuhkan kehandalan seorang perencana.

"Maka dari itu kita melakukan peningkatan kapasitas, ada harapan yang ingin kita capai dari kegiatan ini. Paling tidak setelah ini peserta bisa mencermati apa yang disampaikan setiap narasumber, setelah itu bisa implementasikan dalam melaksanakan tugas sehari-hari," katanya, Rabu (14/6/2023)

Dari pelatihan itu, peserta diharapkan memiliki nilai tambah, dalam hal ini peningkatan kapasitas yang sudah seharusnya terus ditingkatkan. Dalam perencanaan prinsip yang paling utama dipegang teguh adalah prinsip kehati-hatian.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari, drg Rahminingrum mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya peningkatan kapasitas untuk tenaga perencana maupun tenaga di bidang keuangan lingkup Dinkes Kota Kendari.

Sehingga, ia berharap baik bendahara maupun para perencanaan di lingkup Dinkes Kendari bisa lebih mahir, komprehensif dan kompetitif dalam melakukan kegiatan-kegiatan di Puskesmas.

Baca Juga: Cuaca Tak Menentu, Warga Kota Kendari Perlu Waspada Daerah Rawan Banjir dan Longsor

"Apalagi memang Puskesmas tahun ini sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), jadi tantangannya lebih besar tentunya juga dibutuhkan kompetensi yang lebih baik lagi," ungkapnya.

Peserta sebagian besar penyusun dokumen perencanaan tingkat Kota Kendari yang berjumlah 120 orang terdiri dari Direktur Rumah Sakit Antero, KTU Rumah Sakit Antero, Kepala Bidang Lingkup Kesehatan Kota Kendari, Subkoordinator Lingkup Dinas Kesehatan Kota Kendari dan para Pimpinan BLUD UPTD Puskesmas Kota Kendari.

Kepala UPTD Lapkesda Kota Kendari, Kepala UPTD Instalasi Farmasi Kota Kendari dan para pengelola keuangan lingkup Dinas Kesehatan Kota Kendari. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga