200 Mahasiswa Akhir UHO Kendari Siapkan Diri Masuk Dunia Kerja Profesional

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 15 Juni 2022
0 dilihat
200 Mahasiswa Akhir UHO Kendari Siapkan Diri Masuk Dunia Kerja Profesional
Suasana pelatihan pusat karir UHO Kendari tahun 2022, yang diikuti sebanyak 200 mahasiswa akhir dari 15 fakultas yang ada di UHO Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Para peserta akan diajarkan bagaimana cara mempersiapkan diri dengan baik saat melakukan tes wawancara "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, terus berupaya untuk membina mahasiswa untuk pandai berwirausaha, serta mempersiapkan mahasiswa dalam rangka memasuki dunia kerja.

Hal itu disampaikan, Rektor UHO Kendari, Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu, usai membuka giat pelatihan pusat karir UHO Kendari tahun 2022 dengan tema, persiapan memasuki dunia kerja.

Zamrun mengatakan, dalam giat tersebut para mahasiswa akan diberikan semacam trik untuk mengikuti tes seleksi berbasis komputer atau bisa juga disebut dengan Computer Assisted Test (CAT).

"Para peserta juga akan diajarkan bagaimana cara mempersiapkan diri dengan baik saat melakukan tes wawancara," katanya, Rabu (15/6/2022).

Adapun peserta dalam giat tersebut merupakan mahasiswa tingkat akhir, yang kata Zamrun dalam waktu dekat akan lulus, sehingga pada saat sudah selesai, pengetahuan para mahasiswa tentang tata cara memasuki dunia kerja masih fresh.

"Jadi yang kita sasar adalah mahasiswa ditingkat akhir dan juga kita mengambil perwakilan di setiap fakultas," katanya.

Lanjut Zamrun menyampaikan bahwa, giat itu merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Hanya saya pihaknya tidak bisa menyasar semua mahasiswa karena mahasiswa yang lulus setiap tahun ada ribuan.

"Jadi kita ambil perwakilannya setiap fakultas, sehingga nanti mudah-mudahan dengan pengetahuan yang mereka peroleh disini bisa ditularkan kepada teman-temannya yang lain," ungkapnya.

Baca Juga: Peringati HANI, BNNP Lakukan Khitanan dan Vaksinasi

Disamping itu, ketua panitia Yusna Indarsyih mengatakan bahwa giat tersebut diinisiasi oleh, Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M) UHO Kendari.

"Ini akan berlangsung selama tiga hari, dimulai hari ini sampai 17 Juni mendatang," ucapnya.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah, karena UHO Kendari menyadari bahwa untuk memasuki dunia kerja profesional, baik di perusahaan maupun instansi maupun institut, alumni harus siap serta memiliki attitude yang dibutuhkan dunia kerja.

Untuk itu, UHO Kendari mempersiapkan mahasiswa, dengan memberikan pembekalan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.

Adapun peserta dalam giat itu adalah, mahasiswa tingkat akhir jenjang pendidikan sarjana, yang merupakan perwakilan dari 15 fakultas dan satu program pendidikan vokasi, dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Aprilya, mahasiswa jurusan Ilmu Tanah, Fakultas Pertani UHO L mengatakan ia mengikuti giat tersebut berdasarkan rekomendasi dari pihak jurusan.

Baca Juga: Truk Kontainer Tertimpa Batang Pohon, Sempat Bikin Macet

"Saya baru pertama kali mengikuti giat seperti ini, Alhamdulillah senang. Apa lagi ini dilaksanakan dari pihak kampus sendiri," katanya.

Karena kata dia, pelatihan seperti itu jarang dilakukan khususnya bagi mahasiswa semester akhir. Sehingga ia berharap giat tersebut bisa terus dilaksanakan.

"Supaya kedepannya mahasiswa-mahasiswa yang belum sempat ikut, bisa ikut juga," ucapnya. (A-Adv)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Musdar

Baca Juga