Dinkes Sulawesi Tenggara Prioritas Cegah Penularan Tiga Penyakit Menular Utama

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 12 Agustus 2023
0 dilihat
Dinkes Sulawesi Tenggara Prioritas Cegah Penularan Tiga Penyakit Menular Utama
Dinkes Sulawesi Tenggara melakukan edukasi menjaga pola hidup sehat ke masyarakat. Foto: Ist.

" Guna pencegahan penyakit di wilayah Sulawesi Tenggara, Dinas Kesehatan (Dinkes) memprioritaskan langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran tiga penyakit menular utama, yakni HIV, tuberkulosis (TBC) dan malaria "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna pencegahan penyakit di wilayah Sulawesi Tenggara, Dinas Kesehatan (Dinkes) memprioritaskan langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran tiga penyakit menular utama, yakni HIV, tuberkulosis (TBC) dan malaria.

Meskipun ada beberapa penyakit menular lainnya, namun Dinkes Sulawesi Tenggara fokus pada tiga penyakit itu, karena dampaknya yang signifikan terhadap kesehatan masyarakat.

“Memang kita prioritas tiga penyakit menular ini, tapi terhadap penyakit menular lainnya juga tetap kita tangani,” kata Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Sulawesi Tenggara, Muhammad Ridwan kepada Telisik.id saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Edukasi Pola Hidup Sehat dalam Menangani Penyakit

HIV, atau Human Immunodeficiency Virus, merupakan virus yang menyebabkan penyakit AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). Dinkes Sulawesi Tenggara telah melakukan langkah-langkah edukasi, pemeriksaan, dan pengobatan terhadap individu yang berisiko tertular HIV. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penularan dan mengurangi jumlah kasus baru.

Selanjutnya, TBC, penyakit infeksi yang menyerang paru-paru, juga menjadi prioritas Dinkes. Langkah-langkah pencegahan dan pengobatan telah diterapkan untuk mengurangi jumlah kasus dan mencegah penularan lebih lanjut. Tes, pengobatan dan pengawasan terhadap individu yang telah terinfeksi menjadi bagian dari strategi pemerintah.

Sementara malaria, penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, juga mendapatkan perhatian serius dari Dinkes Sulawesi Tenggara. Terutama di musim hujan, penularan malaria dapat meningkat. Oleh karena itu, langkah-langkah pencegahan seperti distribusi kelambu berinsektisida dan edukasi tentang penggunaan kelambu menjadi bagian dari upaya untuk mengendalikan malaria.

“Kita terus memerangi penularan ketiga penyakit menular ini. Upaya-upaya ini termasuk edukasi kepada masyarakat, peningkatan pengawasan, distribusi obat-obatan dan kerja sama lintas sektor untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ujar Muhammad Ridwan.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Ungkap Pentingnya Imunisasi dalam Pencegahan Rubella dan Campak

Sebagai tambahan, dikutip dari kemkes.go.id, menurut jenisnya, penyakit dibedakan menjadi dua, yaitu penyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular adalah perpindahan penyakit dari orang yang sakit ke orang yang sehat.

Sedangkan penyakit tidak menular adalah sebuah penyakit yang tidak mengalami proses pemindahan dari orang lain, namun menjadi penyebab kematian paling banyak bagi masyarakat.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu hal penting bagi kita untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik di masa yang akan datang. Karena hanya dengan demikian, tubuh akan bisa terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan saat harian kita menjalankan aktivitas sehari-hari, termasuk dari penyakit menular. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga