adplus-dvertising

Dispora Pantau Kesiapan Paskibraka Konawe

Aris Syam, telisik indonesia
Jumat, 05 Agustus 2022
261 dilihat
Dispora Pantau Kesiapan Paskibraka Konawe
Kadispora Konawe, Muhammad Nur menyebut pelatihan calon Paskibraka tahun ini sedikit sulit karena pesertanya para pemula, namun tetap diupayakan lebih baik. Foto: Aris Syam/Telisik

" Sebanyak 75 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Konawe mulai menjalani latihan dalam rangka persiapan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang "

KONAWE, TELISIK.ID - Sebanyak 75 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Konawe mulai menjalani latihan dalam rangka persiapan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Dinas (Kadis) Pemuda Olahraga dan Pariwisata Konawe, Muhammad Nur mengatakan, seluruh calon Paskibraka telah mulai menjalani pelatihan hingga 16 Agustus.

"Latihan fisik, baris-berbaris, kedisiplinan dan lainnya, ini yang sementara pihak pelatih ajarkan," katanya, Jumat (5/8/2022).


Muhammad Nur menyebut, jika dalam pelatihan kepada calon Paskibraka ini cukup sulit, dikarenakan pesertanya rata-rata adalah para pemula, sehingga pihaknya dan para pelatih terus menggenjot kepada peserta Paskibraka agar lebih baik.

"Perkembangan pelatihan Paskibraka Konawe hingga hari ini sudah mulai bagus," imbuhnya.

Ia mengakui, jika selama 2 tahun ini kegiatan tersebut sempat vakum, sehingga pihaknya hanya menggunakan Purna Paskibraka pada saat perayaan HUT RI.

Jika saja tahun lalu terjadi kegiatan seperti saat ini, lanjut Muhammad Nur, dimungkinkan ada kemudahan untuk tahun ini, karena tinggal pihak sekolah mengirimkan anak didiknya untuk ikut dalam kegiatan tahun ini, sehingga bisa lebih mudah dalam melatih karena sudah berpengalaman.

"Tapi ini kita mulai lagi dari nol, sehingga kami dan pihak pelatih dari Polres Konawe dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) harus betul-betul menggenjot para anak-anak kita dalam latihan," jelasnnya.

Baca Juga: Disambut Bupati, Jemaah Haji Muna Pulang Utuh

Lebih lanjut kata Muhammad Nur, waktu pelatihan calon Paskibraka hingga 15 Agustus, kemudian sore harinya akan dilakukan geladi kotor dan bersih hingga pengukuhan. Sehingga sebelum masuk tanggal itu, para calon Paskibraka akan latihan terus.

"Latihannya dilakukan setiap hari dan sudah mendapatkan izin dari pihak orang tua maupun sekolah," ungkapnya.

Ia juga berharap, di tahun ini diharapkan ada peningkatan dari tahun sebelumnya, karena sistem pelatihannya akan digilir, kali ini pihak kepolisian dan tahun depan dari TNI.

"Jadi lebih kurang 10 hari waktunya, semoga dapat dimaksimalkan latihannya anak-anak kita dan dapat mewakili Kabupaten Konawe dalam memperingati HUT RI ke-77," pungkasnya.

Tempat sama, Pelatih Paskibraka IPDA Edy Rambulangi mengungkapkan, jika untuk saat ini para calon Paskibraka masih tahap latihan dasar hingga formasi. Sehingga dengan waktu yang ada, harus bisa dimaksimalkan agar lebih baik terutama di bagian penaikan bendera.

Baca Juga: Cengkeh Gagal Panen di Bombana

"Kita poles sedikit demi sedikit agar jadi lebih baik," ucapnya.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Konawe itu menambahkan, sebelum latihan, para calon Paskibraka itu terlebih dulu melakukan pemanasan dan kegiatan fisik dan mental,  serta kesiapan-kesiapan mereka pada saat melakukan pelatihan.

"Harapan untuk adik-adik kita yang telah diberikan tanggung jawab yang besar oleh negara, agar dapat melaksanakan amanah itu dengan baik," tandasnya. (B-Adv)

Penulis: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga