Diusulkan Dipecat Gara-Gara Wacanakan Munaslub, Dewan Pakar Golkar Bela Ridwan Hisjam

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 18 Juli 2023
0 dilihat
Diusulkan Dipecat Gara-Gara Wacanakan Munaslub, Dewan Pakar Golkar Bela Ridwan Hisjam
Sekretaris Dewan Pakar Golkar, Ganjar Razuni sebut usulan pemecatan untuk tokoh senior Golkar Ridwan Hisjam, salah alamat. Foto: Ist.

" Dewan Pakar Partai Golkar pasang badan untuk tokoh senior Golkar Ridwan Hisjam, yang diusulkan dipecat gara-gara mengusung wacana munaslub untuk melengserkan ketum Airlangga Hartarto "

SURABAYA, TELISIK.ID - Dewan Pakar Partai Golkar tampaknya pasang badan untuk tokoh senior Golkar Ridwan Hisjam, yang diusulkan untuk dipecat gara-gara mengusung wacana munaslub untuk melengserkan ketum Airlangga Hartarto.

Menurut Sekretaris Dewan Pakar Partai Golkar Ganjar Razuni, usulan pemecatan tersebut merupakan usulan ngawur dan tidak mempunyai kompetensi kewenangan untuk mengusulkan pemecatan terhadap tokoh senior tersebut.

"Harusnya yang mengusulkan itu bidang hukum DPP Partai Golkar. Yang bersangkutan (Firman Soebagyo) di DPP itu jabatannya sebagai ketua bidang penanggulangan bencana. Jadi tak punya kewenangan untuk usul pemecatan. Apalagi mengusulkan di Majelis Kehormatan DPR RI, terlebih posisi Pak Ridwan Hisjam sebagai anggota DPR RI," jelasnya, Selasa (18/7/2023).

Sebelumnya,cWakil Ketua Umum Partai Golkar Firman Soebagyo, meminta Ketua Dewan Etik memproses dugaan pelanggaran kader yang mengembuskan wacana musyawarah nasional luar biasa (munaslub). Menurutnya, ada dugaan kader senior tidak menjalankan dan mengamankan keputusan tertinggi Munas 2019.

Firman menilai, munaslub yang diwacanakan sekelompok orang merupakan gagasan keblinger dan menyesatkan untuk seluruh kader partai berlambang pohon beringin.

Baca Juga: Usul Pemecatan Kader Usung Munaslub Golkar, Ridwan Hisjam: Firman Soebagyo Terlalu Cepat jadi DPR RI

Ganjar Razuni lalu mempertanyakan kapasitas Firman Soebagyo yang mengeluarkan usulan pemecatan terhadap Ridwan Hisjam sebagai tokoh senior Partai Golkar dan tokoh lainnya yang dianggap akan melengserkan Airlangga Hartarto sebagai Ketum Golkar.

"Ada apa ini kok bidang bencana tiba-tiba usul pemecatan kader senior," jelasnya.

Sekedar diketahui, anggota Dewan Pakar Partai Golkar, Ridwan Hisjam mengungkapkan, pihaknya mendesak Airlangga Hartarto untuk segera melakukan deklarasi capres dan cawapres sesegera mungkin.

Ridwan menyebut, Airlangga diberi tenggat waktu hingga akhir Agustus 2023 untuk mengumumkan nama capres dan cawapres.

Baca Juga: Pilih Dukung Airlangga Hartarto, MKGR Tolak Munaslub Golkar

"Kalau Agustus tidak ada poros baru, maka DPP harus melakukan munaslub," katanya beberapa waktu lalu.

Mantan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini menjelaskan, alasan munaslub jadi jalan keluar.

"Karena dengan munaslub, Golkar akan mengubah putusan dari deklarasi kepada Airlangga kepada calon lain. Baik sesama Partai Golkar, atau dari capres lain yang sudah membentuk koalisi," tandasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga