Diverfak KPU, Perindo dan Hanura Sulawesi Tenggara Terpenuhi

Kardin, telisik indonesia
Senin, 17 Oktober 2022
0 dilihat
Diverfak KPU, Perindo dan Hanura Sulawesi Tenggara Terpenuhi
Ketua DPW Perindo, Jaffray Bittikaka (kiri) dan Ketua DPD Hanura, Wa Ode Nurhayati (kanan) menyatakan pihaknya siap menjadi parpol peserta Pemilu 2024, pasca diverfak KPU. Foto: Kardin/Telisik

" KPU memverifikasi faktual (Verfak) DPW Perindo dan DPD Hanura Sulawesi Tenggara. Hasilnya, kedua parpol tersebut dinyatakan terpenuhi apa yang disyaratkan "

KENDARI, TELISIK.ID - KPU memverifikasi faktual (Verfak) DPW Perindo dan DPD Hanura Sulawesi Tenggara. Hasilnya, kedua parpol tersebut dinyatakan terpenuhi apa yang disyaratkan.

Usai Verfak DPW Perindo, Ketua KPU Sulawesi Tenggara, Ld Abdul Natsir menerangkan, telah memeriksa kelengkapan Perindo mulai dari pengurus, domisili kantor dan keterwakilan perempuan.

Berdasarkan Verfak itu, hasilnya akan disampaikan ke KPU RI, nantinya KPU RI yang akan menentukan apakah Perindo memenuhi syarat atau tidak.

Baca Juga: Parpol Ramai Adakan Jalan Santai, Pengamat Politik: Masyarakat Harus Pintar

"Bisa kita lihat sendiri tadi, ada gambaran. Tapi yang tentukan KPU RI," jelasnya, Senin (17/10/2022).

Senada, Anggota Komisioner KPU Sulawesi Tenggara, Al Munardin, usai melakukan Verfak ke DPD Hanura menerangkan, syarat Verfak calon peserta Pemilu 2024, salah satunya Hanura, terpenuhi.

"Kalau bahasa saya itu terpenuhi, selanjutnya nanti KPU RI yang tentukan," bebernya.

Ketua DPW Perindo Sulawesi Tenggara, Jaffray Bittikaka mengatakan, berdasarkan hasil Verfak KPU, pihaknya optimis partainya memenuhi syarat.

"Tadi dinyatakan memenuhi syarat. Kita tinggal tunggu keputusan KPU RI saja," ujar Jaffray.

Pihaknya tinggal menunggu hasil Verfak keanggotaan di tingkat kabupaten/kota dengan sampel 10 persen dari 1/1000 anggota.

Baca Juga: Jaringan Relawan Nasional Haluoleo Deklarasi Dukung Anies Capres 2024

"Kita sudah siap, tinggal tunggu hasilnya saja," bebernya.

Sementara Ketua DPD Hanura Sulawesi Tenggara, Wa Ode Nurhayati menerangkan, semua persyaratan yang diminta KPU sudah terpenuhi, mulai dari kepengurusan dan KTA berdasarkan SIPOL, keterwakilan perempuan hingga domisili kantor telah diverfak.

"Semua sudah selesai, tidak ada masalah," ungkapnya.

Pasca verfak di 17 kabupaten/kota, Hanura bakal mengadakan konsolidasi internal dalam menyambut Pemilu 2024 memdatang.

"Yang pastinya, kita sudah siapkan semuanya," pungkasnya. (A)

Penulis: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga