DLH Ingatkan Masyarakat Buang Sampah Mulai Pukul 18.00-05.00 Wita

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 02 November 2022
0 dilihat
DLH Ingatkan Masyarakat Buang Sampah Mulai Pukul 18.00-05.00 Wita
Armada milik DLH setiap harinya mengangkut 56 kubik sampah rumah tangga. Foto : Sunaryo/Telisik

" Persoalan sampah di Kabupaten Muna tak pernah ada habisnya. Meski telah diangkut oleh petugas kebersihan, tempat pembuangan sampah (TPS) masih terus terisi "

MUNA, TELISIK.ID - Persoalan sampah di Kabupaten Muna tak pernah ada habisnya. Meski telah diangkut oleh petugas kebersihan, tempat pembuangan sampah (TPS) masih terus terisi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muna, Muhamad Yakub menerangkan, sudah berusaha semaksimal mungkin mengangkut sampah-sampah rumah tangga. Namun, kendalanya, ketika sampah baru selesai diangkut, mobil belum jauh, TPS sudah terisi lagi.

"Ini karena kurangnya kesadaran masyarakat. Mereka tidak mengenal waktu membuang sampah," kata Yakub, Rabu (2/11/2022).

Baca Juga: Warga Muna Barat Diimbau Manfaatkan Lahan Kosong Tanam Bahan Pangan

Kendati demikian, pihaknya tetap membersihkan TPS itu. Nah, saat ini, masyarakat diingatkan agar membuang sampah mulai pukul 18.00-05.00 Wita, sehingga, sekitar pukul 06.30 Wita sudah bisa diangkut oleh petugas kebersihan. Waktu pembuangan sampah itu akan dituangkan dalam peraturan bupati (Perbup).

"Jadi hingga pukul 17.00 Wita itu, kita harap TPS bersih," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Pilkades, Ini Pesan Bupati Muna

Mantan Kadis Peternakan itu berharap, para camat dan lurah bisa melakukan sosialisasi pada warganya untuk menaati jam pembuangan sampah itu.

Sementara itu, Kabid Kebersihan, Umarddin menerangkan, produksi sampah rumah tangga, setiap harinya mencapai 56 kubik. Sampah-sampah itu diangkut 8 unit armada.

"Sampah paling banyak itu plastik," sebutnya.  (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Baca Juga