Doa dan Tips Agar Tidak Mengantuk Menurut Islam

Haerani Hambali, telisik indonesia
Senin, 06 Desember 2021
0 dilihat
Doa dan Tips Agar Tidak Mengantuk Menurut Islam
Untuk menghilangkan rasa kantuk dapat dengan membaca surah Al-A’raf ayat 54 sampai 56, kemudian berdoa kepada Allah SWT supaya terhindar dari rasa kantuk dan tidur. Foto: Repro Republika.co.id

" Berwudhu adalah salah satu cara yang dianjurkan salam Islam untuk menghilangkan rasa kantuk "

KENDARI, TELISIK.ID - Rasa kantuk memang bawaan alamiah manusia, sebelum kemudian ia tertidur. Meski demikian, ada juga orang yang sedikit-sedikit mengantuk. Padahal masih banyak hal yang perlu dilakukan. Tentu hal ini menjadi problem tersendiri.     

Melansir nu.or.id, KH Achmad Chalwani dalam bukunya Risalah Doa & Shalawat menjelaskan ijazah dari Al-‘Arif Billah KH Nahrowi Dalhar (1870-1959) Watucongol, Muntilan, Magelang, tentang doa penangkal rasa kantuk.

Doa itu merupakan penggalan Al-Qur’an Surat al-Baqarah ayat 255 atau yang lebih populer disebut Ayat Kursi.  

Laa ta’khudzu?uu sinatuw walaa nauum.

Artinya: “Allah tidak mengantuk dan tidak tidur.” (Achmad Chalwani, Risalah Doa & Shalawat, [Purworejo, KESAPP: 2021] edisi VIII, halaman 33).  

Baca Juga: Hukum Bunuh Diri Dalam Islam, Pelakunya Kekal di Neraka?

Adapun cara membacanya sebagaimana dijelaskan dalam buku tersebut, dibaca sebanyak 7 kali setelah salat fardhu atau salat maktubah.    

Selain membaca doa, berikut ini tips untuk menghilangkan rasa kantuk dalam Islam, dilansir dari Pikiran-rakyat.com.

1. Membaca salah satu surah dalam Al-Qur’an

Untuk menghilangkan rasa kantuk dapat dengan membaca surah Al-A’raf ayat 54 sampai 56, kemudian berdoa kepada Allah SWT supaya terhindar dari rasa kantuk dan tidur.

Hal ini sesuai dengan Imam Yafi’i Al-Yamani dalam kitab Al-Durrun Nadzim fi Khawashi Quranil Adzim mengatakan:

“Barangsiapa yang membaca ayat ‘Inna robbakumullah sampai ayat ‘muhsinin’, dan kemudian memohon kepada Allah agar tidak tidur, maka Allah akan menghilangkan (menjauhkan) tidur darinya.”

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Agar Usaha Menjadi Berkah, Apa Saja?

2. Berwudhu

Berwudhu juga dapat menghilangkan rasa kantuk. Menjaga wudhu akan membuat wajah terlihat lebih segar.

Dapat dibandingkan raut wajah orang yang mengantuk dan orang yang menjaga wudhunya. Orang yang mengantuk pasti bermuka kusam, sedangkan orang yang menjaga wudhu wajahnya tampak segar dan bersinar.

3. Cukup tidur

Umumnya penyebab kantuk adalah kurangnya tidur, untuk itu tidurlah tepat waktu. Waktu yang tepat untuk tidur adalah pukul 20.00-22.00 dan bangun pukul 03.00-04.00. Dapat ditambahkan tidur siang cukup 5-25 menit. (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga