Dominan Asia, Ini Daftar Kota Termahal di Dunia untuk Ditinggali 2022

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Sabtu, 11 Juni 2022
0 dilihat
Dominan Asia, Ini Daftar Kota Termahal di Dunia untuk Ditinggali 2022
Untuk ketiga kalinya Hong Kong tempati posisi pertama kota termahal di dunia. Foto: Repro iStock

" Hong Kong kembali menempati posisi pertama sebagai kota termahal di dunia tahun 2022 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sebuah perusahaan mobilitas global ECA International kembali meliris daftar kota paling mahal di dunia 2022. Seperti namanya, dalam daftar tersebut berisikan tempat tinggal dengan biaya hidup paling tinggi.

Ada beberapa faktor yang ditetapkan ECA International yakni dari segi harga rata-rata kebutuhan rumah tangga seperti susu dan minyak goreng, sewa, utilitas, angkutan umum dan kekuatan mata uang lokal.

Dikutip dari Cnnindonesia.com, dari semua faktor tersebut, Hong Kong kembali menempati posisi pertama sebagai kota termahal di dunia untuk ditinggali pada tahun ini. Di mana Ini adalah tahun ketiga Hong Kong posisi pertama dalam daftar tersebut.

Menyusul Hong Kong, terdapat New York dan Jenewa yang menempati posisi kedua dan ketiga.

Selain Hong Kong, sejumlah kota di Asia juga masuk 10 besar sebagai kota termahal di dunia. Mereka adalah Tokyo, Shanghai, Guangzhou, dan Seoul.

Tak hanya itu, setelah menempatkan beberapa kotanya sebagai kota termahal di dunia, Asia juga merupakan benua yang menjadi tuan rumah bagi kota dengan pertumbuhan tercepat. Kota yang menempati posisi itu adalah Kolombo.

Peringkat pertumbuhan Kota metropolitan Sri Lanka itu berhasil melesat 23 peringkat dari 162 menjadi 149. 

Terkait dengan keberadaan kota-kota di China dalam daftar, Direktur Regional ECA untuk Asia menjelaskan mereka bisa masuk karena tingkat inflasinya.

"Mayoritas kota-kota China daratan di peringkat kami (ECA) memiliki tingkat inflasi yang lebih tinggi daripada yang biasa kita lihat, tetapi biasanya masih lebih rendah daripada tempat lain di Asia," tutur Quane.

Baca Juga: Mengulik Fakta Abraj Kudai yang Disebut Sebagai Hotel Terbesar di Dunia

"Oleh karena itu, alasan utama kenaikan peringkat mereka (kota Asia) di daftar adalah yuan China yang terus menguat terhadap mata uang utama lainnya," sambungnya.

Sementara itu, mengutip Kompas.com, Paris yang sebelumnya menduduki peringkat sebagai salah satu kota termahal di dunia dan berada di puncak daftar ECA International, kini keluar dari posisi 30 besar.

Begitu pula dengan Kota Madrid, Roma, dan Brussels. Sedangkan Moskwa menempati posisi ke-62 dan St Petersburg berada di urutan ke-147.

Berikut kota termahal di dunia yang menempati posisi 10 besar berdasarkan indeks ECA International:

  1. Hong Kong
  2. New York
  3. Jenewa
  4. London
  5. Tokyo
  6. Tel Aviv
  7. Zurich
  8. Shanghai
  9. Guangzhou
  10. Seoul. (C)

Baca Juga: 4 Restoran Termahal di Dunia, Sekali Makan Rp 34 Juta per Orang

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga