Marker, Robot Militer Pertama Asal Rusia Dilengkapi Kecerdasan Buatan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 15 Oktober 2022
0 dilihat
Marker, Robot Militer Pertama Asal Rusia Dilengkapi Kecerdasan Buatan
Marker, robot asal Rusia ini berpotensi untuk dilibatkan dalam proyek ilmiah dan teknis. Bahkan dipercaya kelak dapat digunakan sebagai peralatan untuk penelitian di Bulan dan benda-benda langit lainnya. Foto: Repro id.rbth.com

" Rusia mengeluarkan robot militer yang dilengkapi kecerdasan buatan, yang nantinya akan membantu dalam operasi militer "

MOSKOW, TELISIK.ID - Bukan Rusia namanya jika tak membuat heboh dunia, Rusia kini mengeluarkan robot militer. Robot militer tersebut dibuat yang nantinya akan membantu dalam operasi militer.

Dikutip dari Newsdeliver.com, Kremlin baru saja melakukan uji coba kendaraan tak berawak yang disebut 'Marker'. Uji coba ini dilakukan untuk melihat tingkat kesesuaian mesin dengan operasi militer yang dilakukan. Robot Marker telah menyelesaikan eksperimen untuk berpatroli di pelabuhan antariksa Vostochny di Timur Jauh Rusia.

Kepala Proyek di Pusat Pengembangan Teknologi dan Robotika Nasional Dana Penelitian Lanjutan Rusia, Arkady Petrosov mengungkapkan akan menggunakan platform robot canggih Marker untuk mengembangkan robot canggih perlindungan fasilitas vital negara.

"Hasil yang dicapai selama percobaan meletakkan dasar untuk menciptakan kendaraan robot canggih yang mampu memberikan keamanan untuk fasilitas vital negara," lanjutnya seperti dilansir dari Voi.id.

Baca Juga: 4 Lubang Terdalam di Dunia, Nomor 4 Dijuluki Pintu Neraka

Baca Juga: Wanita Malam Negara Ini Punya Cara Jitu Agar Terlihat Perawan, Pakai Bantuan Belut

Mengutip Id.rbth.com, robot yang dipersenjatai dengan senapan mesin dan rudal antitank ini menjaga kawasan kosmodrom Rusia di Timur Jauh. Meski begitu, robot ini kelak dapat dilibatkan dalam misi ke Bulan.

Robot ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang dipasang pada platform beroda dan mampu menjelajah hingga 100 kilometer, baik on-road maupun off-road. Operator Marker hanya perlu memilih titik awal dan akhir. Setelah itu, Marker akan menemukan rutenya sendiri, bahkan membuat peta dengan menggunakan kamera dan sensor lainnya.

Robot ini mampu menghindari rintangan secara otomatis dan tetap mengikuti rute tercepat. Marker juga dilengkapi sejumlah kamera penglihatan yang ditempatkan di sekeliling lambungnya. Kamera-kamera tersebut memberikan pandangan menyeluruh dan membentuk gambaran lengkap terhadap lingkungan sekitarnya, bisa dibilang jika Marker adalah Tesla versi militer yang mampu melewati medan dengan baik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga