DPMD Konawe Imbau Peran Pendamping Tingkatkan Kualitas Desa

Aris Syam, telisik indonesia
Senin, 14 Maret 2022
0 dilihat
DPMD Konawe Imbau Peran Pendamping Tingkatkan Kualitas Desa
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Konawe, Keni Yuga Permana. Foto: Aris Syam/Telisik

" DPMD Konawe mengharapkan peran pendamping desa agar turut membantu para kepala desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe mengharapkan peran pendamping desa agar turut membantu para kepala desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan.

Hal ini bertujuan agar tercapainya kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta derajat hidup masyarakat desa khususnya Kabupaten Konawe.

"Kita inginkan peran mereka ini, mampu memberikan pendampingan yang baik kepada Teman-teman kepala desa kita," jelas Kadis DPMD Konawe, Keny Yuga Permana, Senin (14/3/2022).

Lebih lanjut kata Keny, peran pendamping desa dalam mendampingi para kepada desa ini, harus betul-betul memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan itu sesuai dengan prosedur dan sesuai dengan amanah Undang-Undang Desa.

Baca Juga: 6.543 Hektare Area Persawahan di Konawe Beralih Fungsi

terutama, Kata Keny, dalam hal  pengalokasian anggaran dan penentuan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan oleh desa tersebut. Sehingga apa yang menjadi visi misi di desa selaras dengan pemerintah Kabupaten Konawe.

Baca Juga: Mutasi Besar-Besaran di Lingkup Pemkab Muna, Dua Kepala OPD Digeser ke Staf Ahli

"Memberikan pendampingan kepada kepala desa mulai dari proses perencanaan sampai dengan pelaksanaan kegiatan di desa," ucapnya.

Keny juga menambahkan, untuk saat ini tim pendamping desa di Kabupaten Konawe sebanyak 100 orang, diharapkan dengan adanya keterlibatan mereka, mampu menjadikan desa lebih baik.

"Jika kualitas pembangunan di desa kita itu baik, maka akan menjadi contoh untuk daerah lain," pungkasnya. (C)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga