dr. Wayonk, Wanti-wanti Virus COVID-19 Tanpa Gejala pada Anak Muda

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 02 Mei 2020
0 dilihat
dr. Wayonk,  Wanti-wanti  Virus COVID-19 Tanpa Gejala pada Anak Muda
Jubir Satgas COVID-19 Sultra, dr. Laode Wayonk Rabiul Awal. Foto: Ist.

" Bukan berarti kelompok ini tidak bisa terkena. Bisa terkena dan tanpa gejala. "

KENDARI, TELISIK.ID - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara, dr. Wayonk Rabiul Awal, mewanti-wanti anak muda agar tidak gegabah dalam menghadapi wabah virus COVID-19.

Dari data yang dimiliki pemerintah saat ini, usia muda memang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat untuk terjangkit berbagai penyakit terutama virus COVID-19.

Namun bukan berarti, anak muda ini, kata Wayonk, tak bisa terpapar virus Corona. Justru pada usia inilah yang harusnya lebih berhati-hari dalam beraktivitas.

"Bukan berarti kelompok ini tidak bisa terkena. Bisa terkena dan tanpa gejala," kata Wayonk melaui WhatsAppnya kepada telisik.id, Sabtu (02/05/2020).

Baca juga: Muna Terima Logistik Penanganan COVID-19 dari Satgas Provinsi

Problem tanpa gejala inilah menurut dr. Wayonk yang membuat penyebaran wabah COVID-19  lebih cepat dan menyebar ke mana-mana karena orang tersebut tidak tau jika dirinya telah tepapar virus COVID-19.

Pergerakan pasien usia muda tanpa gejala bisa menyebarkan virus ini melalui berbagai saluran, baik antar manusia, manusia ke benda atau bahkan melalui udara.

“Oleh karena itu, meski merasa muda, perhatikan bahwa kita bisa menjadi sumber penyebaran di keluarga kita," kata dia.

dr. Wayonk Rabiul Awal pun meminta agar semua orang baik kalangan muda maupun usia lanjut, agar memperhatikan anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah.

"Patuhi imbauan pemerintah," tutup dr. Wayok.

Reporter: Dul

Editor: Sumarlin

Baca Juga