Dua Destinasi Wisata di Kolaka Utara yang Digandrungi Wisatawan Lokal

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 15 Mei 2021
0 dilihat
Dua Destinasi Wisata di Kolaka Utara yang Digandrungi Wisatawan Lokal
Pasir putih Pantai Berova. Foto: Report Wisato.id

" "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bagi sebagian masyarakat, hari libur merupakan waktu yang paling dinanti, tidak hanya mereka yang berprofesi sebagai pegawai kantoran tapi juga masyarakat dengan berbagai latar profesi.

Bukan tanpa alasan, padatnya aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran selama beberapa hari menjalani rutinitas menyebabkan sebagian orang memilih menghabiskan waktu bersama keluarga untuk weekend dengan mengunjungi destinasi wisata.

Tidak hanya akhir pekan, libur panjang hari besar keagamaan seperti Idul Fitri juga menjadi momen yang dinanti bagi sebagian masyarakat untuk mengunjungi objek wisata unggulan di daerah masing-masing. Tidak terkecuali masyarakat Kolaka Utara.

Kabupaten Kolaka Utara memiliki banyak destinasi wisata. Hanya saja yang selama ini menjadi  favorit dan ramai pengunjung saat libur akhir pekan dan hari raya hanya dua.

Berikut dua destinasi wisata yang digandrungi wisatawan lokal saat libur akhir pekan dan libur panjang (hari besar keagamaan) di Kolaka Utara.

1. Danau Biru (Matandahi)

Danau Biru atau Danau Matandahi tampak dari atas bukit (tebing). Foto: Repro Wisato.id

 

Danau Matandahi atau lebih familiar dengan sebutan Danau Biru Kolaka Utara merupakan sebuah destinasi wisata menakjubkan yang terletak di ujung selatan Ibu Kota Kabupaten Kolaka Utara, tepatnya di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo.

Sejak diresmikan pemerintah Kabupaten Kolaka Utara 2017 lalu. Danau Biru yang dulunya diselimuti bukit batu terjal, kini berubah menjadi destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi wisatawan lokal.

Tidak hanya wisatawan lokal, menurut pengakuan masyarakat setempat spot wisata ini juga sering dikunjungi wisatawan luar daerah Kolaka Utara.

Baca Juga: Berpotensi Rusak Sawah Warga, Pemda Diminta Bangun Tembok Pembatas di Rana Tonjong

Termasuk wisatawan mancanegara seperti Swiss, Jerman, China, dan Jepang juga pernah merasakan dinginnya air danau tersebut.    

Tidak sulit bagi wistawan untuk mengakses objek wisata ini, dengan menggunakan jalur transportasi darat dari pusat kota Lasusua pengunjung bisa tiba di lokasi wisata kurang dari 1,5 jam.

Walaupun jaraknya yang terbilang jauh dari pusat kota, spot wisata yang terbilang unik dan elok ini tidak pernah sepi dari pengunjung baik hari libur maupun hari-hari biasa.

Keunikan Danau Biru tampak dari letaknya yang dikelilingi dinding batu kapur yang kokoh berpadu bukit serta rimbunnya pepohonan membuat mata takjub memandang spot wisata yang satu ini.

Tak hanya menyuguhkan keindahan di sekeliling danau. Di Danau Biru pengunjung juga bisa menguji adrenalin dengan memanjat dinding tebing setinggi 10 meter dan meluncur ke tengah danau dengan kedalaman 9 meter.

Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat berenang dan merasakan dinginnya air danau yang rasanya payau berwarna biru jernih.

Untuk sampai ke objek wisata Danau Biru dari lokasi parkiran yang berjarak 200 meter, pengunjung harus terlebih dulu naik dan menuruni ratusan anak tangga.

Selain menikmati keindahan Danau Biru, di luar danau wisatawan juga dapat menikmati hamparan pasir putih dan birunya laut Teluk Bone yang hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari objek wisata Danau Biru.

2. Pasir Putih Pantai Berova

Pasir putih Pantai Berova. Foto: Report Wisato.id

 

Selain Danau Biru, objek wisata yang juga digandrungi wisatawan lokal adalah Pasir Putih Pantai Berova yang terletak di Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua.

Sejak diresmikan pemerintah Kabupaten Kolaka Utara 2016 lalu, Pantai Berova yang dulunya hanyalah hamparan rawa-rawa, kini berubah menjadi destinasi wisata favorti yang sering dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah.

Baca Juga: Diperkirakan Hujan Lebat, Masyarakat Kolaka Raya Diingatkan Waspada

Tidak sulit bagi wistawan untuk mengakses objek wisata yang satu ini, dengan menggunakan jalur transportasi darat dari pusat kota Lasusua pengunjung bisa tiba di lokasi wisata kurang dari 10 menit.

Selain jaraknya yang terbilang dekat dari pusat kota, Pantai Beropa banyak dikunjungi karena hamparan pasir putihnya yang terbentang lebih dari 1 kilometer berpadu laut biru yang tenang serta deretan pepohonan hijau yang selalu siap memberikan kesejukan bagi pengunjung.

Tak hanya menyuguhkan pantai, di Pantai Berova pengunjung juga bisa menikmati fasilitas pendukung seperti kolam renang, musala, taman bermain anak, kolam ikan, resto, panggung seni, dan dermaga cinta.

Bagi yang senang berswafoto, maka dermaga cinta bisa menjadi rujukan untuk mengabadikan momen terindah dengan latar belakang matahari terbenam (sunset) ketika senja mulai tiba. (B)

Reporter: Muh.Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga