Dua Mahasiswa UHO Kendari Raih Juara 3 Lomba English Debate Nasional

Musyrifa Sya’adah, telisik indonesia
Selasa, 10 Januari 2023
0 dilihat
Dua Mahasiswa UHO Kendari Raih Juara 3 Lomba English Debate Nasional
Dua mahasiswa Jurusan Sastra Inggris UHO Kendari, Andi Nur Taqwa Pacinongi (kiri) dan Sitti Nur Aulia Ghani (kanan) meraih juara 3 lomba english debat tingkat nasional. Foto: Ist.

" Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo (FIB UHO) Kota Kendari, berhasil meraih juara 3 dalam lomba English debate tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Bahasa Asing, UIN Makassar "

KENDARI, TELISIK.ID - Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Halu Oleo (FIB UHO) Kota Kendari, berhasil meraih juara 3 dalam lomba English debate tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UKM Bahasa Asing, UIN Makassar.

Dua mahasiswa tersebut yakni Andi Nur Taqwa Pacinongi dan Sitti Nur Aulia Ghani merupakan mahasiswa jurusan Sastra Inggris di semester III dan V. Mereka mengikuti kegiatan Culture Fest yang dilaksanakan secara online pada 27-28 November lalu.  

Perlombaan tersebut dimulai dengan pembagian jadwal pertandingan antara tim A dan tim B, kemudian berlanjut ke motion release yaitu waktu di mana mosi debat diumumkan dan setelah semuanya dilakukan barulah debat dimulai dengan menyusun argumen berdasarkan mosi sesuai posisi masing-masing.

Baca Juga: Kontrak Pembangunan Perpustakaan Modern di Muna Diperpanjang

Dalam perlombaan tersebut, tim English Debate yang menamai timnya dengan sebutan Selcouth ini berhadapan dengan tim UIN Maliki Malang dan Tim Tentara Pelajar dari Makassar sampai pada akhirnya lolos ke babak 8 besar.

“Selcouth sendiri bermakna orang yang memiliki keunikan sendiri yang menjadikan diri mereka berbeda, namun keunikan itu yang membuat mereka luar biasa,” kata Sitti Nur Aulia Ghani, Selasa (10/1/2023).

Setelah melewati 8 besar, perlombaan berlanjut ke Semi Final round, mereka berhadapan dengan tim Eureka dari Universitas Negeri Makassar dan bertemu kembali lagi dengan UIN Maliki Malang.

Mereka akhirnya berhasil maju ke Final Round, melawan 3 team lainnya, yaitu team dari IPB, UNM dan UIN Maliki Malang. Pada akhirnya tim Selcouth asal UHO berhasil keluar sebagai juara 3 dalam perlombaan tersebut.

Baca Juga: Berondong Jagung Manis jadi Kudapan Favorit Nonton Bioskop

“Karena saya sendiri bisa dibilang masih semester III dan baru terjun ke dunia debat terutama English Debate dan saya sendiri merasa sangat bangga dengan predikat juara 3 yang saya raih, yang di mana ini merupakan pencapaian saya yang terbesar selama mengikuti lomba English Debate,” ungkap Andi Nur Taqwa Pacinong.

Sitti Nur Aulia Ghani menambahkan, meskipun lombanya dilakukan secara daring, dirinya tetap merasakan euphoria dan perasaan excited yang besar. Dirinya sempat merasa overthinking karena  mewakili prodi, jurusan, fakultas bahkan universitas untuk lomba ini.

“Hal tersebut awalnya saya anggap sebagai tekanan namun saya mencoba menjadikannya sebagai semangat tersendiri,” tutupnya. (B)

Penulis: Musyrifa Sya’adah

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga