Dua Nama Kandidat Calon Wakil Bupati Kolaka Timur Diserahkan ke Pj Bupati

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Jumat, 08 Juli 2022
0 dilihat
Dua Nama Kandidat Calon Wakil Bupati Kolaka Timur Diserahkan ke Pj Bupati
Pengurus partai pengusung menyerahkan dua nama kandidat calon Wakil Bupati Kolaka Timur masa bakti 2021-2026 untuk selanjutnya dipilih oleh DPRD Kolaka Timur. Foto: Ist

" Setelah sempat tertunda, kini Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Kolaka Timur sudah memasuki babak baru. Partai pengusung yakni Gerindra, PDI Perjuangan, Demokrat, dan PAN, akhirnya menyerahkan dua nama kandidat yakni Abdul Azis dan Diana Massi ke Pj Bupati Kolaka Timur, Sulwan Abunawas "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Setelah sempat tertunda, kini Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Kolaka Timur sudah memasuki babak baru. Partai pengusung yakni Gerindra, PDI Perjuangan, Demokrat, dan PAN, akhirnya menyerahkan dua nama kandidat yakni Abdul Azis dan Diana Massi ke Pj Bupati Kolaka Timur, Sulwan Abunawas.

Diketahui berdasarkan Pasal 176 ayat 2 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang pilkada, Pj bupati akan menyerahkan dua nama usulan partai pengusung itu ke DPRD untuk dipilih dalam rapat paripurna.

Ketua Gerindra Kolaka Timur, Amin mengatakan dua nama yang diusulkan ke Pj bupati itu yaitu sudah menjadi kesepakatan dari seluruh pimpinan partai dan sudah ditandatangani oleh seluruh pimpinan partai.

"Dari dua nama yang diusulkan itu, nantinya Pj bupati akan mengusulkan ke DPRD Kolaka Timur, di mana itu sudah menjadi ketentuan, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016," ungkapnya, Jum'at (8/7/2022).

Sementara itu, Ketua Partai Demokrat Kolaka Timur, Muh Jabal mengatakan dua nama kandidat calon wakil bupati yang telah diusulkan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat Kolaka Timur, untuk mengetahui secara pasti siapa yang bakal jadi pemimpin mereka untuk beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Kepala Desa di Muna Barat Dinonaktifkan akibat Pemalsuan Ijazah

“Dari empat partai pengusung ini, Gerindra, Demokrat dan PAN mengusulkan Abdul Azis, dan dari PDI Perjuangan mengusulkan Ibu Hj Diana Massi, untuk didorong ke DPRD dalam proses pemilih wakil bupati,” jelasnya.

Baca Juga: Ketua PKK Bombana Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Jokowi

Sementara itu, Ketua PDI Perjuangan Koltim, Aris Mego berharap setelah adanya usulan dua nama tersebut, pemilihan wakil bupati segera dilaksanakan oleh panitia pemilihan di DPRD Koltim.

"Kalau bisa secepatnya berjalan, agar Wabub Kolaka Timur bisa segera ditentukan. Dan tentu kita berharap, pada saat pemilihan bisa berjalan efisien, akuntabel dan transparan," jelasnya. (A)

Penulis: Muhammad Ilwanto

Editor: Musdar

Baca Juga