Dua Personel Polres Konawe Alami Luka Bakar Saat Mengawal Unjuk Rasa

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 15 Januari 2024
0 dilihat
Dua Personel Polres Konawe Alami Luka Bakar Saat Mengawal Unjuk Rasa
Dua Personil Polres Konawe saat dilakukan perawatan usai mengalami luka bakar. Foto: Kolase

" Dua personel Polres Konawe mengalami luka bakar saat mengawal jalannya unjuk rasa, yang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Napooha dan Walanapo (KANAWA) di depan Kantor Bupati Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Dua personel Polres Konawe mengalami luka bakar saat mengawal jalannya unjuk rasa, yang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Napooha dan Walanapo (KANAWA) di depan Kantor Bupati Konawe, Senin (15/1/2024).

Kapolres Konawe AKBP, Ahmad Setiadi, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Ia mengungkapkan, kedua personel Polres yang mengalami luka bakar adalah AKP Kadek Sudiadnyana yang merupakan Kasat Binmas Polres Konawe dan Aiptu Amin Sutiarso.

"Kedua personel Polres Konawe tersebut masih dalam perawatan," bebernya.

Sementara itu, Kasat Reskrim IPTU Patria W Sigit mengatakan, insiden tersebut terjadi sekira pukul 09.45 Wita di depan gerbang masuk Kantor Bupati Konawe.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Bakal Percantik Kota Unaaha dengan Lakukan Sejumlah Penataan

Kasat Reskrim menjelaskan, saat itu massa aksi menggelindingkan ban bekas ke arah pintu gerbang sambil menyiramkan bensin untuk dibakar.

Sehingga tim negosiator KBO Samapta dan Kasat Binmas selaku pengendali lapangan menghimbau agar tidak melakukan pembakaran ban di depan gerbang karena massa aksi sudah siap diterima oleh Asisten II Pemda Kab. Konawe Muh. Akbar.

"Namun korlap tidak menerima, dan massa aksi menggelindingkan ban kedua yang sudah disiram bensin sebelumnya dan saat ban tersebut sampai digerbang langsung disulut dengan korek api sehingga membakar pakaian Personel Polres Konawe AKP Kadek Sudiadnyana, (Kasat Binmas Polres Konawe) dan Aiptu Amin Sutiarso dan menyebabkan luka bakar," jelas IPTU Patria.

Baca Juga: Pj Bupati Konawe Segera Gagas Pembangunan Tugu Padi

Menurut IPTU Patria, akibat kejadian tersebutbKasat Binmas AKP Kadek Sudiadnyana dan Aiptu Amin Sutiarso menderita luka bakar di bagian wajah muka tangan. Kedua korban lanjut IPTU Patria sudah mendapatkan perawatan medis di RS Konawe.

Selanjutnya, Polres Konawe melakukan upaya penegakan hukum dengan mengamankan 10 orang koordinator lapangan (Korlap) dan beberapa massa aksi yang diduga melakukan pembakaran.

"Saat ini, kami melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap 10 yang diduga terkait dengan insiden pembakaran ban bekas tersebut," pungkas Kasat Reskrim IPTU Patria.

Untuk diketahui m, masa aksi yang berasal dari Desa Napooha – Walanapo, Kecamatan Latoma menuntut agar Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe menghentikan praktek-praktek penerbitan SKT di wilayah Kecamatan Latoma, Amonggedo, Routa yang diduga untuk mengakomodir kepentingan perusahaan tambang emas dan tambang nikel di wilayah itu. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga