Dua Pulau di Wakatobi Segera Dialiri Listrik 24 Jam

Kardin, telisik indonesia
Sabtu, 11 Desember 2021
0 dilihat
Dua Pulau di Wakatobi Segera Dialiri Listrik 24 Jam
Bupati Wakatobi, Haliana (kiri) saat menandatangani MoU dengan PT PLN (Persero) Sulselrabar untuk memenuhi listrik 24 jam di Pulau Kaledupa dan Binongko. Foto: Ist.

" Pemkab Wakatobi dan PT PLN (Persero) menyepakati kerja sama dalam rangka penyediaan listrik 24 jam di Pulau Kaledupa dan Binongko "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi bersama PT PLN (Persero) menyepakati kerja sama pengembangan dan pengoperasian ketenagalistrikan 24 jam di Pulau Kaledupa dan Binongko.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dilakukan oleh Bupati Wakatobi, Haliana dan General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid di Kantor PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar, Hertasning Makassar, Jumat (10/12/2021).

Dalam MoU tersebut, PLN dan Pemerintah Kabupaten Wakatobi bersinergi guna mendukung pengembangan dan pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan di Wakatobi.

"Listrik adalah infrastruktur dasar yang penting karena dengan adanya listrik, kami yakin ekonomi masyarakat meningkat," ucap Haliana pada kesempatan itu.

Haliana memastikan, kedua pulau tersebut merupakan kawasan strategis pariwisata nasional, seperti Pulau Binongko dengan industri perikanan dan pembuatan kapal.

Sementara itu, Awaluddin Hafid optimistis dengan penandatanganan nota kesepahaman tersebut, PLN dapat mengoptimalkan operasional kelistrikan di Wakatobi, utamanya Pulau Kaledupa dan Binongko guna mendukung pertumbuhan investasi dan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, Awaluddin Hafid menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Wakatobi yang telah mendukung dan berkolaborasi dengan PLN untuk menghadirkan listrik di wilayah terpencil.

Baca Juga: 2022, Buton Tengah Fokus Pengembangan Wisata Goa

"Upaya menghadirkan listrik 24 jam di Pulau Kaledupa dan Pulau Binongko tentu menjadi tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Katanya, untuk menghadirkan listrik 24 jam di daerah kepulauan sangatlah menantang. Misalnya untuk memobilisasi material menyeberangi laut dan melewati medan yang cukup ekstrem.

Baca Juga: Bupati Muna Pastikan Cakades Tanpa Batas Usia Maksimal

"Mudah-mudahan sinergi ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengatasi keterbatasan masing-masing pihak dan ini upaya nyata kita dalam memberikan pelayanan terbaik bagi bangsa negara ini," tambah Awaluddin. (C)

Reporter: Kardin

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga