Dugaan Korupsi PDAM Tirtalihou Ditangani Polda Sumatera Utara, Dirut Diperiksa

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Minggu, 03 September 2023
0 dilihat
Dugaan Korupsi PDAM Tirtalihou Ditangani Polda Sumatera Utara, Dirut Diperiksa
Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara, tempat dugaan korupsi PDAM Tirtalihou ditangani. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtalihou Kabupaten Simalungun, Dodi Ridowin Mandalahi dilaporkan ke Polda Sumatera Utara atas dugaan korupsi "

MEDAN, TELISIK.ID - Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirtalihou Kabupaten Simalungun, Dodi Ridowin Mandalahi dilaporkan ke Polda Sumatera Utara atas dugaan korupsi.

Selain itu, turut juga dilaporkan Kabag Umum PDAM Tirtalihou Simalungun, Nina Kurnia Sitanggang.

Dugaan korupsi itu di antaranya terkait klasifikasi tarif yang diduga menyalahi Peraturan Bupati Simalungun Nomor 18 Tahun 2016. Masyarakat dirugikan terhadap tarif itu kurang lebih Rp 27 ribu dari Rp 38 ribu pelanggan PDAM Tirtalihou.

Terjadi perbedaan harga setiap bulannya sebesar Rp 280 juta hingga Rp 300 juta, dan telah berjalan selama delapan bulan yang dikalikan Rp 300 juta dengan total keseluruhannya mencapai Rp 2 miliar.

Baca Juga: Ditangkap Usai Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur, Suami Wakil Bupati Ini Rupanya Doyan Nikahi Gadis Muda

Dalam laporan itu juga tertulis dugaan korupsi dalam pengelolaan tarif air minum PDAM Tirtalihou yang bersumber dari APBD TA 2022-2023.

"Memang dugaan korupsi itu telah dilaporkan ke Polda Sumatera Utara," kata sumber, Minggu (3/9/2023) siang.

Dinaikkannya tarif air minum PDAM Tirtalihou dari NA3 itu adalah rumah tangga biasa, menjadi NA4 untuk rumah tangga mewah.

“Jadi, masyarakat susah pun diduga dinaikkan sepihak tarifnya oleh PDAM Tirtalihou Simalungun menjadi rumah mewah semua. Jadi sebanyak 27 ribu pelanggan atau masyarakat di Kabupaten Simalungun diduga telah dirugikan,” ungkap sumber.

Baca Juga: Ungkap Kasus Tewasnya Mahasiswi USU, Polisi Datangkan Ahli Racun

Mereka berharap agar pihak Polda Sumatera Utara melakukan penyelidikan dan mengungkap kasus tersebut.

"Sangat banyak yang dirugikan atas adanya dugaan korupsi ini. Kami berharap agar pihak kepolisian mengungkapkan tabir ini," terangnya.

Terpisah, PS Kanit III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara mengaku sudah memeriksa Dirut PDAM Tirtalihou, Dodi Ridowin Mandalahi.

"Iya, sudah dilakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan (Dodi). Untuk perkara ini masih klarifikasi saja," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga