Elektabilitas Airlangga Rendah, Golkar Jawa Timur Beralasan Belum Ada Deklarasi Resmi

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 11 Juli 2022
0 dilihat
Elektabilitas Airlangga Rendah, Golkar Jawa Timur Beralasan Belum Ada Deklarasi Resmi
Ketua Golkar Jawa Timur Sarmuji beralasan elektabilitas Airlangga Hartarto pada Pilpres 2024 rendah karena belum ada deklarasi resmi. Foto: Yudhie/Telisik

" Elektabilitas Ketum Airlangga Hartarto minim karena Menko Bidang Perekonomian tersebut belum mendeklarasikan diri secara resmi akan maju di Pilpres 2024 mendatang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua Partai Golkar Jawa Timur, Sarmuji beralasan jika elektabilitas Ketum Airlangga Hartarto minim karena Menko Bidang Perekonomian tersebut belum mendeklarasikan diri secara resmi akan maju di Pilpres 2024 mendatang.

"Belum ada deklarasi resmi pak Airlangga untuk maju di pilpres mendatang. Tentunya ada sebagian besar kader Partai Golkar yang belum tahu kalau pak Airlangga Hartarto maju di pilpres mendatang," ungkapnya, Senin (11/7/2022).

Berbeda jika Airlangga Hartarto sudah mendeklarasikan diri sebagai capres, maka seluruh simpatisan dan kader Partai Golkar, kata Sarmuji, akan secara total dan loyal mensosialisasikan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden.

Anggi DPR RI ini mengaku tak mau menanggapi sejumlah lembaga survei yang menempatkan elektabilitas Airlangga Hartarto di Jawa Timur di posisi rendah.

"Banyak lembaga survei, namun tak semua lembaga survei menempatkan pak Airlangga Hartarto diposisi jelek. Lembaga Survei Laboratorium Suara Indonesia menempatkan posisi pak Airlangga Hartarto di tempat yang baik. Kami tak mau menanggapi masing-masing hasil lembaga survei," jelasnya.

Baca Juga: DPC Demokrat: Bupati Kolaka Utara Kader Istimewa Partai

Baca Juga: Waktu Pengecekan Surat Suara Pilkades Bubu Barat Belum Bisa Ditentukan

Sebelumnya, Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi merilis hasil survei Poltracking Indonesia yang diselenggarakan di Jawa Timur pada 16-22 Mei dengan metode  multistage random sampling.

Jumlah sampel  dalam  survei  ini adalah 1000 responden dengan margin of error (MoE) +/- 3.2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel survei ini  menjangkau 38 kabupaten/kota  di  seluruh Provinsi Jawa Timur secara proporsional berdasarkan data Badan Pusat   Statistik (BPS) terakhir.  

Dalam survei elektabilitas Capres 2024 lembaga tersebut menunjukkan dalam simulasi surat suara 10 nama calon presiden 2024, angka elektabilitas dari setiap kandidat yaitu Ganjar  Pranowo  (32.3 persen), Prabowo Subianto  (15.9 persen), Anies  Baswedan (12.8 persen),  Khofifah Indar Parawansa (7.5 persen), Erick  Thohir (6.1 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (4.9 persen), Sandiaga Salahuddin Uno (2.0 persen), Airlangga Hartarto (1.6 persen), Ridwan Kamil (0.9 persen) dan Puan Maharani (0.5 persen). (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga