Figur Laode Ida dalam Pandangan Pengamat Politik

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Rabu, 04 Januari 2023
0 dilihat
Figur Laode Ida dalam Pandangan Pengamat Politik
Laode Ida bakal menjadi salah satu calon gubernur Sulawesi Tenggara. Foto: Repro Miindonews

" Setiap calon gubernur memiliki cara tersendiri dalam memenangkan hati pemilih, salah satunya dengan melaksanakan berbagai kegiatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap calon gubernur memiliki cara tersendiri dalam memenangkan hati pemilih, salah satunya dengan melaksanakan berbagai kegiatan.

Kegiatan yang belakangan ini pernah diadakan oleh salah satu cagub Sultra ialah turnamen futsal dengan tema Sahabat Laode Ida Cup I.

"Hal ini merupakan salah satu cara dalam menarik simpati pemilih. Dalam kata lain, dia memperkenalkan diri bahwa ia adalah cagub Sultra," ungkap pengamat politik Sulawesi Tenggara, Prof Eka Suaib.

Prof Eka Suaib menambahkan, figur Laode Ida merupakan salah satu cagub yang tidak menduduki jabatan formal dan dia melawan calon-calon yang memiliki jabatan resmi seperti wakil gubernur, bupati, atau anggota DPR.

"Saat ini sebenarnya yang perlu disiapkan adalah apakah Laode Ida mampu bertransformasi dari orang-orang kuat. Dan juga apakah dia mampu untuk mengalahkan orang-orang yang secara resmi menduduki jabatan di pemerintahan," tambahnya.

Baca Juga: Ribuan Orang Melamar Anggota PPS Pemilu 2024 di Kolaka Utara

Prof Eka Suaib juga menegaskan, figur Laode Ida ialah orang kuat yang mampu bersaing dengan calon lain yang memiliki jabatan formal.

"Laode Ida ini orang yang tidak memiliki jabatan resmi dalam pemerintahan, tapi dia orang yang ditokohkan di sukunya. Dia tokoh dari Muna dan dia punya gelar Laode yang kemudian mencoba untuk masuk ke partai politik untuk dapat memperoleh suara signifikan lalu kemudian mencoba perhelatan di Pilgub," tutupnya.

Baca Juga: MKGR Jawa Timur Bidik Menangkan Golkar di Pemilu 2024

Sementara itu, Miftah salah satu mahasiswa yang juga mengikuti turnamen futsal mengaku, dirinya mengenal figur Laode Ida dari baliho yang terpasang di berbagai tempat.

Ia juga menambahkan, dia mengikuti turnamen futsal karena pure objective.

"Saya ikut turnamen futsal itu pure objective, tidak ada kedekatan politik sebelumnya," ungkap Miftah yang juga salah satu peserta turnamen futsal sahabat Laode Ida. (B)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga