Elshaddai Warkop, Pemilik Kuliner Coffee Shop yang Menginspirasi

Evy Septiana Warsito, telisik indonesia
Rabu, 08 November 2023
0 dilihat
Elshaddai Warkop, Pemilik Kuliner Coffee Shop yang Menginspirasi
Salah satu bisnis Elshaddai Warkop, di kawasan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: Evy Septiana Warsito/Telisik

" Elshaddai Warkop, merupakan salah satu inspirasi produk UMKM yang dirintis oleh Sahra, pengusaha asal Jakarta, dan memiliki outlet di Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Elshaddai Warkop, merupakan salah satu inspirasi produk UMKM yang dirintis oleh Sahra, pengusaha asal Jakarta, dan memiliki outlet di Kecamatan Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Usaha tersebut dirintis sudah 7 bulan, dan memiliki cabang outlet lain di kawasan Jakarta.

Konsep usaha dibangun berdasarkan pemikiran sang owner yang mendirikan coffee shop seperti daerah Jakarta kebanyakan, dan melihat kawasan Baruga, Kota Kendari, sebagai kawasan yang potensial didirikannya usaha tersebut.

Nama Elshaddai Warkop, terinspirasi dari nama PT Tambang Elshaddai Maining Power, yang sekarang merupakan bagian dari kerjasama warkop Elshaddai dan pemilik tambang tersebut.

Baca Juga: Warkop 77 Tempat Nongkrong Santai Jauh dari Kebisingan

Adapun awal mula merintis usaha tersebut, sempat memiliki keraguan dari keluarga pemilik, di mana melihat kawasan tersebut bukan kawasan seperti kota-kota besar pada umumnya, namun ternyata dalam perkembangannya justru mulai diterima masyarakat luas.

"Penghasilan usaha ini, jika pengunjung sepi, outlet per hari hanya memperoleh pendapatan Rp 300.000 sampai Rp 400.000, sedangkan jika pengunjung ramai bisa memperoleh omset Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta per hari dan per outlet, sedangkan omset dua outlet perbulan bisa memperoleh Rp 80 juta per bulan," jelas Adel, keluarga owner, Rabu (8/11/2023)

Sedangkan aneka menu yang tersedia di warkop tersebut antara lain, aneka indomie dengan berbagai macam toping, aneka kopi, dan roti. Indomie dengan variasi toping dikatakan sebagai menu terlaris.

Inspirasi menu indomie, melihat di Jakarta terdapatnya sebutan "Internet" dengan kepanjangan indomie kornet, yang harganya bervariasi mulai Rp 10.000 sampai Rp 23.000.

Elshaddai warkop buka mulai pukul 09.00 sampai pukul 24.00 Wita. Menariknya, tempat tersebut menyediakan beraneka kopi racikan asli yang bahannya merupakan supplier dari Jakarta, sehingga khasiat maupun cita rasa kopi tersebut berbeda dengan kopi umumnya.

Menurut Didik, pengunjung warkop ini merupakan warkop paling nyaman untuk sekedar ngopi favoritnya.

Di tempat tersebut, kopi yang digunakan merupakan kopi biji yang masih dikatakan fresh dan baru saja disanggrai, sehingga kandungan serta manfaat kopi tersebut tidak hilang.

Baca Juga: Warkop Three Brothers Tempat Nongki Andalan Mahasiswa di Kendari

"Usaha ini setiap bulan dilakukan perombakan menu, menu yang kurang diminati diganti dengan menu yang baru," ujar Asisten Owner, Wahyu.

Ia juga menambahkan, adapun kendala yang sering dihadapi sebagai pelaku usaha, yakni jika kebutuhan pokok meningkat seperti gas dan customernya berkurang, dapat mempengaruhi pendapatan usaha tersebut.

Dengan melihat customernya berasal dari kalangan bapak-bapak, anak muda, mahasiswa yang menyukai bola dan game, adapun strategi marketing yang dilakukan oleh pemilik usaha yakni dengan mengadakan event seperti Nobar (nonton bareng), nobar piala AFF Timnas Bola, juga turnamen Mobile Legend. Tidak hanya itu, sosialisasi usaha juga dilakukan melalui Iklan maupun media sosial.

Keberadaan tempat usaha tentu ditujukan untuk menunjang perekonomian masyarakat, harapannya dengan kesabaran, tekad yang kuat dan niat yang positif, maka apapun yang dilakukan pasti akan menghasilkan hal yang positif. (A)

Penulis: Evy Septiana Warsito

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga