Enam Pos Pengamanan Disiagakan Jelang Nataru

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 22 Desember 2022
0 dilihat
Enam Pos Pengamanan Disiagakan Jelang Nataru
Pemerintah daerah bersama forkopimda membahas kesiapsiagaan jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Foto: Ist.

" Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pemerintah daerah bersama Forkopimda pastikan ketertiban dan keamanan dengan menyiapkan enam pos pengamanan di Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pemerintah daerah bersama Forkopimda pastikan ketertiban dan keamanan dengan menyiapkan enam pos pengamanan di Muna Barat.

Pemda bersama forkopimda membahas berbagai kebijakan terkait peningkatan pelayanan, keselamatan, keamanan, kelancaran, dan pergerakan arus lalu lintas menjelang nataru dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Ini juga bagian dari memperkuat koordinasi, fasilitasi, pengendalian, dan memonitor persiapan pelaksanaan libur nataru di daerah," ungkap Pj. Bupati Muna Barat, Bahri, Kamis (22/12/2022).

Selain itu, pemerintah daerah juga telah memetakan kegiatan keagamaan di tempat ibadah, khususnya pada perayaan ibadah Natal dengan berkoordinasi bersama forkopimda guna pengamanan sebagai upaya menciptakan kondisi yang aman, nyaman, dan tertib.

Tak hanya itu, pemerintah tetap mengoptimalkan pengawasan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok serta bahan bakar di daerah, sehingga kesiapan sarana transportasi penumpang atau barang serta simpul transportasi tetap terjaga.

Baca Juga: Ribuan Keluarga di Kolaka Utara Teridentifikasi Berisiko Stunting

Selanjutnya, pemerintah daerah terus berkoordinasi secara intensif dengan aparat keamanan dalam melakukan deteksi dini situasi serta kondisi keamanan yang berpotensi menjadi gangguan, dan pemerintah daerah juga memetakan potensi terjadinya bencana alam misalnya kebakaran yang mungkin saja terjadi saat jelang Nataru.

Olehnya itu, ia meminta peran aktif masyarakat melalui tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat lainnya untuk mencegah dan menyelesaikan gangguan ketertiban umum dengan tetap memperhatikan arahan presiden RI terkait kasus COVID-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Muna Barat, Hamse mengatakan, pihaknya menyepakati untuk menyiapkan enam pos pengamanan, terdiri dari dua pos pengamanan utama, yang terletak di Tugu Lagadi dan Tugu Rambutan tepatnya di perempatan menuju SP1 dan SP2.

Baca Juga: Polda Jawa Timur Beber Kesiapan Pengamanan Nataru di Jawa Timur

Kemudian empat pos pengamanan pembantu terletak di seputaran Pelabuhan Pajala, di SP5 Desa Katangana, Pelabuhan Feri Tondasi, serta di Bandar Udara Sugimanuru dengan melibatkan personel dari TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, serta Dinkes.

"Kegiatan dimulai pada 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023. Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya via WhatsApp.

Selanjutnya, mantan camat Barangka itu mengatakan, ada beberapa pos pembantu juga yang ditambahkan di beberapa titik tempat ibadah terutama pada tiap gereja serta obyek wisata dan tempat lain yang dapat menimbulkan keramaian. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga