Euro 2024: Belanda Cukup Satu Poin, Austria Butuh Menang

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 25 Juni 2024
0 dilihat
Euro 2024: Belanda Cukup Satu Poin, Austria Butuh Menang
Pemain depan Belanda, Wout Weghorst (kiri) dan pemain belakang Austria, Patrick Wimmer. Foto dan Grafis: euro.com

" Belanda membutuhkan hanya satu poin untuk memastikan lolos ke 16 besar saat menghadapi Austria di penyisihan akhir Grup D Euro 2024 yang akan dimainkan di Olympia Stadium, Berlin "

JAKARTA, TELISIK.ID - Belanda membutuhkan hanya satu poin untuk memastikan lolos ke 16 besar saat menghadapi Austria di penyisihan akhir Grup D Euro 2024 yang akan dimainkan di Olympia Stadium, Berlin, Selasa (25/6/2024) malam pukul 23:00 WIB.

Saat bersamaan dan juga di grup yang sama, Prancis akan ditantang Polandia yang sudah tidak punya peluang ke fase gugur. Pertandingan ini dimainkan di BVB Stadium, Dortmund.

Belanda, Prancis, dan Austria punya peluang yang sama untuk memastikan langsung lolos ke fase gugur tanpa berharap hasil sebagai peringkat ketiga terbaik. Belanda sebagai pemuncak klasemen memiliki poin 4, sama yang dipunyai Prancis. Sedangkan Austria di posisi ketiga mengoleksi 3 poin.

Belanda memiliki rekor bagus melawan Austria dan akan berharap untuk menjadikannya delapan kemenangan berturut-turut, termasuk kemenangan penyisihan grup atas Austria di edisi terakhir turnamen.

Baca Juga: Duel Dramatis Azzurri Gagalkan Kemenangan Kroasia

Tim Oranje, julukan Timnas Belanda, memenangkan setengah dari 20 pertemuan tim sebelumnya, sementara Austria menang 6 kali dan ada 4 hasil imbang.

Austria tidak pernah memenangkan pertandingan di Euro dan baru memenangkan dua pertandingan atas Makedonia Utara dan Ukraina pada edisi terakhir. Kemenangan atas Polandia adalah kemenangan turnamen ketiga Austria.

Pelatih Austria, Ralf Rangnick, menilai timnya akan menghadapi lawan yang secara individu sama bagusnya dengan Prancis.

“Jika Anda melihat (para pemain) Belanda, mereka semua adalah pemain kelas atas internasional. Mereka memiliki kualitas individu yang hebat dan selalu berusaha menemukan beberapa solusi bagus,” ujar Rangnick jelang pertandingan, seperti dilansir AP, Selasa (25/6/2024).

Rangnick menegaskan, meski Belanda punya banyak pemain berkualitas, dia tidak ingin membiarkan permainan timnya tidak berkembang. Rangnick pun menebar ancaman bahwa Austria akan mengendalikan permainan.

Merespons ancaman Rangnick, Belanda tetap sesumbar bisa menaklukkan Austria. Meski pelatih Belanda, Ronald Koeman, menilai Austria bukan tim yang lemah.

“Kami hanya mencoba untuk menjadi yang pertama di grup. Itulah yang kami inginkan. Ini akan menjadi pertandingan yang sulit, karena Austria tentu tidak bisa diremehkan. Kami harus sangat baik dan berkonsentrasi dalam penguasaan kami,” ujar Koeman.

Pemain depan Belanda, Cody Gakpo, turut sesumbar bahwa timnya bakal menyulitkan Austria.

“Kami memiliki tim yang bagus dengan banyak kualitas berbeda, dan saya pikir kami sulit dikalahkan. Tapi kami harus terus membuktikan itu,” kata Gakpo.

Data dan Fakta:

- Pertandingan akan dimainkan di Olympiastadion Berlin. Ini akan menjadi pertandingan pertama Belanda di stadion yang dibangun di bawah Nazi untuk Olimpiade 1936.

- Austria belum pernah mengalahkan Belanda sejak kemenangan 3-2 dalam pertandingan persahabatan di Wina pada 1990. Belanda memenangkan kedua pertemuan kompetitif mereka sebelumnya – di Piala Dunia 1978 dan Euro 2020.

- Belanda memulai Euro 2024 dengan mengalahkan Polandia 2-1 berkat gol telat dari Wout Weghorst, kemudian menahan Prancis untuk yang pertama dan sejauh ini hanya bermain imbang tanpa gol di turnamen.

- Koeman membantu Belanda memenangkan Euro 1988 sebagai pemain ketika Jerman Barat menjadi tuan rumah turnamen. Dia sekarang dalam tugas keduanya sebagai pelatih tim nasional.

Baca Juga: Copa America 2024: Brasil Ditantang Kosta Rika, Kolombia dan Paraguay Saling Jegal

- Di bawah pelatih asal Jerman, Ralf Rangnick, Austria hanya kalah satu kali dari 10 pertandingan kualifikasi untuk Euro 2024, dari Belgia 3-2. Itu adalah satu-satunya kekalahan tim tahun lalu.

- Austria membuka Euro 2024 dengan kekalahan 1-0 dari Prancis, lalu mengalahkan Polandia 3-1.

Prakiraan susunan pemain

Belanda: Verbruggen; Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Aké; Schouten, Simons, Reijnders; Frimpong, Depay, Gakpo

Austria: Pentz; Posch, Danso, Lienhart, Mwene; Seiwald, Laimer; Wimmer, Baumgartner, Sabitzer; Gregoritsch. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga