Fakta Menarik Terkait Kehidupan di Planet Lain yang Miliki Oksigen Selain Bumi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 29 September 2022
0 dilihat
Fakta Menarik Terkait Kehidupan di Planet Lain yang Miliki Oksigen Selain Bumi
Bumi memiliki oksigen yang dapat membantu proses terjadinya fotosintesis pada makhluk hidup. Foto: Repro okezone.com

" Bumi merupakan salah satu planet di tata surya. Bumi juga merupakan planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya serta menjadi satu-satunya planet yang memilki sumber kehidupan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bumi merupakan salah satu planet di tata surya. Bumi juga merupakan planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya serta menjadi satu-satunya planet yang memilki sumber kehidupan.

Bumi memiliki oksigen yang dapat membantu proses terjadinya fotosintesis pada makhluk hidup. Namun, tak selamamya jika suatu planet memiliki oksigen adalah tanda kehidupan.

Dikutip dari sindonews.com, Merkurius dan Mars juga memiliki jejak oksigen di atmosfer. Namun, jangan hanya karena planet-planet ini atau benda langit lainnya, memiliki jejak oksigen, langsung berpikir bahwa planet itu bisa dihuni manusia.

Baca Juga: Hubungan Putri Cendrawathi dan Kuat Ma'ruf Dibongkar Bharada E, Rahasia Akhirnya Terungkap

Menurut penelitian baru, produksi oksigen tidak selalu menunjukkan keberadaan organisme hidup di planet tersebut. Di exoplanet, planet yang mengorbit bintang di tata surya lain, reaksi kimia non-biologis ketika air berinteraksi dengan titanium oksida dapat melepaskan oksigen ke atmosfer.

Dengan kata lain, penemuan oksigen di planet lain itu bukan karena proses fotosintesis dan tidak melibatkan organisme hidup lain, seperti di Bumi. Fakta ini menjadi bukti planet ekstrasurya berkembang bukan dengan organisme hidup seperti yang ditemukan di Bumi.

“Meskipun oksigen masih merupakan salah satu sumber kehidupan (biomarker), namun perlu untuk mencari biomarker baru selain oksigen,” kata Norio Narita dari National Institutes of Natural Science Jepang dikutip dari sindonews.com

Melansir nationalgeographic.grid.id, yang diungkapkan ahli astrobiologi dari Lunar and Planetary Institute, Kennda Lynch,  jika penemuan oksigen di planet lain tidak berarti memiliki kehidupan di dalamnya.

"Eksperimen yang kita desain, dirancang untuk kehidupan yang kita kenal--pandangan terbatas akan kehidupan yang sama seperti di Bumi," ujarnya di dalam dokumenter Vox seperti dilansir dari nationalgeographic.grid.id

Ia berpendapat, mungkin untuk bisa menemukan kehidupan di luar angkasa, ilmuwan harus mengembangkan teknologi yang dapat mendeteksi kehidupan berdasarkan unsur yang tak dikenal di Bumi.

Baca Juga: Penjual Es Tersangka Diduga Bantu Hacker Bjorka, Ingin Kaya dan Terkenal

"Bisa jadi kita masih ketinggalan (untuk menemukan mereka)," ucapnya.

Hanya ada satu planet yang memiliki oksigen yang dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup, yaitu planet Bumi. Ada empat gas utama di atmosfer bumi dengan oksigen menjadi gas paling melimpah kedua setelah nitrogen.

Komposisinya adalah sebagai berikut: nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (0,93%), dan karbon dioksida (0,04%). Sisanya 0,03% terdiri dari jejak gas seperti neon, kripton, helium, dan hidrogen. Uap air juga ada. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga