Fakta Unik Kelelawar Putih, Hewan Mungil Bermuka Babi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 10 September 2023
0 dilihat
Fakta Unik Kelelawar Putih, Hewan Mungil Bermuka Babi
Selain warna bulu yang putih, kelelawar ini juga punya hidung unik dengan ukuran cukup besar dan memiliki wajah seperti babi. Foto: Idntimes.com

" Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Ada sekitar 1.100 spesies kelelawar yang tersebar di berbagai belahan dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Ada sekitar 1.100 spesies kelelawar yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Kita umumnya mengetahui kelelawar hanya berwarna hitam saja. Namun, ada spesies kelelawar yang berwarna putih yang dikenal dengan nama latin Ectophyylla alba, atau kelelawar putih honduras.

Kelelawar ini bertubuh mungil, bulu dasar putih, dan hidung besar dengan warna kuning cerah. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan kelelawar imut satu ini.

Simak fakta kelelawar putih Honduras yang hampir terancam punah ini dikutip dari Grid.id dan Idntimes.com:

Baca Juga: Mengenal 3 Fakta Unik Antelop Saiga Asal Asia Tengah

1. Hanya ada di wilayah tertentu

Kelelawar putih honduras tidak bisa kita temukan di sembarang tempat. Hewan ini termasuk hewan endemik di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Kelelawar putih tersebar di daerah Kosta Rika, Nikaragua, Honsuras, hingga Panama. Hewan berbulu putih ini hidup di kawasan dengan ketinggian rendah hingga 700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2. Berat sekitar 5-6 gram

Fakta unik lain dari kelelawar ini adalah bentuk tubuhnya yang mungil. Jenis kelelawar ini memiliki panjang lengan bawah sekitar 27,8 hingga 29,3 mm sedangkan ukuran telinga hanya sekitar 10 hingga 15 mm dengan berat sekitar 5-6 gram.

3. Bersarang di daun Helicoina

Jenis kelelawar ini memiliki sarang yang unik, yaitu hanya ada di daun heliconia. Daun tersebut menjadi tenda bagi kelelawar putih honduras, hingga membuat hewan ini juga dijuluki sebagai kelelawar pembuat tenda.

Pada satu helai daun heliconia akan menjadi satu sarang kelelawar yang bisa menampung sekitar 15 ekor kelelawar putih.

Baca Juga: Fakta Unik Hickory Horned Devil, Ulat Bertanduk Setan

4. Berpoligami

Kelelawar jantan memiliki kebiasaan poligami. Seekor kelelawar jantan dapat kawin dengan enam ekor kelelawar betina

5. Terancam punah

Dunia fauna memang kaya sekali akan keberagaman yang tak pernah gagal membuat kita semua takjub. Ya, salah satu contohnya adalah kelelawar putih Honduras yang kini keberadaannya sudah semakin sedikit, bahkan terancam punah.

Kelelawar putih adalah jenis hewan yang tidak bisa beradaptasi dengan cepat di wilayah yang baru. Bahkan saat berpindah ke lingkungan baru, hewan ini bisa dengan mudah mati. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga