adplus-dvertising

Fans Jepang Pungut Sampah dan Bersihkan Stadion Usai Menang Atas Jerman

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 24 November 2022
246 dilihat
Fans Jepang Pungut Sampah dan Bersihkan Stadion Usai Menang Atas Jerman
Fans Timnas Jepang melanjutkan tradisi memungut sampah dan membersihkan stadion seusai pertandingan timnas Jepang melawan Jerman. Foto: Repro AP Photo

" Loyalis Timnas Jepang memunguti sampah di Khalifa International Stadium seusai laga Jepang vs Jerman "

QATAR, TELISIK.ID - Fans Timnas Jepang layak mendapatkan apresiasi setinggi langit. Pasalnya, mereka melanjutkan tradisi memungut sampah dan membersihkan stadion seusai pertandingan Timnas Jepang melawan Jerman.

Jepang resmi mengawali perjalanan mereka di Piala Dunia 2022 beberapa jam lalu. Tergabung di grup E yang disebut grup neraka, mereka langsung berhadapan dengan Timnas Jerman di partai perdana.

Tidak diunggulkan sebagai juara, namun The Samurai Blue sukses membuat kejutan besar di laga ini. Mereka berhasil mengalahkan Der Panzer dengan skor 2-1, di mana mereka tertinggal 1-0 terlebih dahulu.


Melansir Bola.net, kemenangan ini dirayakan dengan cara yang sangat bermartabat oleh para loyalis Jepang. Mereka memutuskan untuk memunguti sampah di Khalifa International Stadium seusai laga.

Kebiasaan fans Jepang membersihkan sampah seusai pertandingan telah lama menjadi tradisi di kalangan supporter Jepang.

Baca Juga: Aksi Tutup Mulut Timnas Jerman saat Lawan Jepang Lambang Dukungan LGBT

Pertama kali aksi terpuji ini ternotice publik di Piala Dunia 2014 silam. Pada saat itu para pendukung Jepang yang hadir di Brasil terlihat membersihkan sampah sesuai mendukung tim mereka bertanding. Yang membuat kagum lagi, para fans Jepang itu tetap melakukan kegiatan tersebut meski tim mereka kalah.

Sebelum itu, suporter Jepang sudah mencuri perhatian dengan aksi mereka mengumpulkan sampah yang berserakan pascalaga Qatar vs Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor yang digelar usai upacara pembukaan Piala Dunia 2022, Minggu (20/11/2022).

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Jepang Bungkam Jerman Lewat Dua Gol Pemain Bundesliga

Aksi itu mereka lakukan ketika semua penonton di stadion telah berduyun-duyun pulang. Tiap sisi tribun mereka bersihkan, sampah-sampah dikumpulkan.

"Suporter Jepang membersihkan stadion. Padahal ini tidak terkait (pertandingan timnas) mereka!. Seseorang meyakinkan saya bahwa ini hal yang lumrah," komentar dari warga Qatar, Omar Faruq yang merasa takjub dilansir dari CNNIndonesia.com.

Tidak hanya fans Timnas Jepang yang melakukan bersih-bersih. Pemain pun meninggalkan ruang ganti dengan rapi dan bersih. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga