Festival Coklat Meriahkan HUT ke-20 Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 09 Januari 2024
0 dilihat
Festival Coklat Meriahkan HUT ke-20 Kolaka Utara
Pimpinan Pemda Kolaka Utara meriahkan Festival Coklat di alun-alun Kota Lasusua. Foto: Muh Risal/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) menggelar berbagai event tuk menghibur masyarakat dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-20 Kolaka Utara, salah satunya Festival Coklat "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara (Kolut) menggelar berbagai event tuk menghibur masyarakat dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-20 Kolaka Utara, salah satunya Festival Coklat.

Selain menggelar berbagai event tuk menghibur masyarakat, HUT Kabupaten Kolaka Utara ini juga sebagai ajang bagi pemerintah daerah dalam menyampaikan berbagai capaian yang telah diraih.

Berbeda dari tahun kemarin, tahun ini Pemda Kolaka Utara mengusung tema membangun Kolaka Utara yang bertumpu pada keunggulan komparatif sumberdaya alam, dan didukung oleh penguatan ekonomi kreatif yang berdaya saing dengan tagline "Coklatku Hidupku, Masa Depanku".

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemda Kolaka Utara tahun ini kembali memperingati hari jadi Kabupaten Kolaka Utara yang Ke-20 dengan berbagai event kegiatan, salah satunya festival minum coklat yang digelar Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kolaka Utara di alun-alun Kota Lasusua, Selasa (9/1/2024).

Baca Juga: Warga Tuntut Hak di PT Fatwa Bumi Sejahtera Kolaka Utara Berakhir Direpresif Polisi

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding menuturkan, Festival Coklat kali ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Kolaka Utara yang ke-20 yang dirayakan pada tanggal 7 Januari 2024.

Festival Coklat dengan tagline “Coklatku Hidupku, Masa Depanku” menandakan pentingnya coklat sebagai sumber kehidupan masyarakat Kabupaten Kolaka Utara, khususnya petani coklat.

"Kegiatan ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan daya saing daerah Kolaka Utara di tingkat regional maupun global dalam pengembangan coklat," terangnya.

Festival Coklat yang pertama kali digelar di Kolaka Utara ini, tidak hanya sebagai kegiatan seremonial pelengkap pada momen HUT Kabupaten Kolaka Utara saja, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan antar warga, serta memperkuat semangat kebersamaan dalam mengembangkan potensi kakao sebagai sumber kehidupan dan ekonomi daerah.

"Kami berharap Festival Coklat ini dapat menjadi agenda tahunan yang tetap ada di Bumi Patowanua," ujarnya.

Selain deklarasi minum coklat, Festival Coklat yang mewarnai HUT Kolaka Utara ke-20 tahun ini juga menyajikan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD), jalan santai, dan lomba kuliner berbahan baku coklat.

Kegiatan ini menurut Pj Bupati Kolaka Utara, dapat membangkitkan semangat kolaborasi dan kemitraan yang kuat antara pemerintah, masyarakat, serta para pemangku kepentingan lokal dalam mendorong pertumbuhan sektor kakao di Kolaka Utara.

"Dari semua rangkaian acara ini diharapkan dapat menjadi etalase bagi masyarakat Kolaka Utar, baik pengusaha lokal maupun investor dalam mengembangkan industri hasil olahan kakao (coklat) di Kolaka Utara," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Disbunnak Kolaka Utara, Ismail Mustafa menyampaikan, Festival Coklat ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mengajak masyarakat agar membudayakan mengkonsumsi coklat.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Bergizi di Kolaka Utara, Upaya Peningkatan Gizi dan Cegah Anemia

"Kita berharap kegiatan Festival Coklat dapat menjadi kegiatan rutin atau kelender tahunan tiap perayaan HUT Kolaka Utara," katanya.

Ia pun berharap, Festival Coklat ini dapat memberikan semangat bagi para petani sebagai pelaku usaha industri sektor olahan kakao dalam membudidayakan, mengolah kakao dan meningkatkan produktivitas mereka.

Diketahui, selain Festival Coklat Pemda Kolaka Utara juga menggelar lomba mewarnai untuk tingkat SD dan TK, lomba fashion show Darma Wanita dan lomba menyanyi tingkat kecamatan dan OPD.

Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 6 - 9 Januari 2024. HUT Kolaka Utara tahun ini juga di meriahkan dengan artis-artis ibu Kota. (B-Info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga