Gali Potensi Siswa Berkarakter Islami, Kemenag Buton Utara Gelar Pentas PAI

Rina Gayatri, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Gali Potensi Siswa Berkarakter Islami, Kemenag Buton Utara Gelar Pentas PAI
Kegiatan Hifzil Quran yang sedang berlangsung di Musalah Kantor Kementerian Agama Buton Utara. Foto: Rina Gayatri/Telisik

" Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton Utara menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) di Kantor "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buton Utara menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) di Kantor, kamis(27/7/2023).

Pentas PAI tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap 2 tahun sekali. Kegiatan itu diharapkan dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal memperdalam dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama Islam.

Melalui kegiatan yang melibatkan peserta siswa siswi SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabupaten Buton Utara itu, diharapkan mampu menumbuhkan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Pada kegiatan Pentas PAI kali ini ada lima cabang lomba yang dilaksanakan yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Hifzil Quran, pidato, cerdas cermat dan kaligrafi.

“Kita harapkan, lewat pentas PAI ini terwujud siswa yang Islami dan berakhlakul karimah,” tutur seorang panitia Pentas PAI, Umu Habibah.

Baca Juga: Buton Utara Juara 1 Kategori Qira'at Al-Qur'an Murattal Dewasa Putri MTQ XXIX Sultra

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan pentas PAI untuk menggali kualitas potensi peserta didik yang berkarakter Islami.

Puluhan peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan itu. Hal ini diungkapkan oleh Hadenin, salah seorang guru SD yang mengantar peserta didik untuk mengikuti lomba.

"Ini pengalaman pertama kami mengikuti Pentas PAI, kami membawa 4 peserta didik untuk mengikuti lomba, semoga bisa menang," ujarnya.

Sementara, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, Nur Bayny mengungkapkan, kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan iman dan takwa, serta untuk menggali potensi peserta didik yang memiliki keterampilan dalam bidang agama Islam.

"Sebenarnya di daerah kita ini ada bibit-bibit tersembunyi, maka lewat kegiatan seperti inilah kita akan menemukan siswa siswi yang berpotensi," ungkapnya.

Kegiatan ini juga merupakan persiapan untuk mengikuti Pentas PAI di tingkat nasional.

Baca Juga: Pemenang Syarhil Qur'an MTQ XXIX Minta Doa di Pentas Nasional

"Seperti tahun 2019 yang lalu kita pernah mewakili Sulawesi Tenggara di tingkat nasional, dan itu sangat membanggakan," tambahnya.

Namun, ia juga mengungkapkan sedikit kendala dalam pelaksanaan kegiatan Pentas PAI tersebut, hal itu dikarenakan ketiadaan anggaran dalam pelaksanaannya.

"Harapan saya untuk ke depannya semoga dalam pelaksanaan kegiatan seperti ini bisa dianggarkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)," tutupnya.

Penulis: Rina Gayatri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga