Gedung SDN 70 Kendari Kumuh dan Memprihatinkan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
Gedung SDN 70 Kendari Kumuh dan Memprihatinkan
Kondisi 3 ruangan di SD Negeri 70 Kendari yang kumuh dan rusak selama 2 tahun. Foto: Febry Jahra Lestiani/Telisik

" Kondisi SDN 70 Kendari sangat memprihatinkan, bahkan beberapa bangunan sekolah sudah hampir roboh "

KENDARI, TELISIK.ID – Kondisi gedung yang terlihat kumuh, Kepala Sekolah SD Negeri 70 Kendari harapkan pemerintah turun tangan. Warga yang tinggal di sekitar sekolah cukup prihatin dengan kondisi tersebut.

Walaupun dari luar sekolah ini terlihat baik-baik saja, namun ketika masuk ke dalam, mulai terlihat kerusakan fisik pada bangunan sekolah.

Terlihat cat yang mulai pudar, coretan di dinding, tembok yang mulai mengelupas, tiang yang keropos serta kondisi WC yang sudah rusak di pojok sekolah terlihat sangat jelas ketika masuk ke dalam lingkungan sekolah.

Kepala SDN 70 Kendari, Juslianti menjelaskan bahwa sekolah ini kekurangan ruangan yang layak untuk digunakan belajar. Ada 3 ruangan yang mangkrak karena kondisinya yang tidak layak.

Ia juga mengatakan, hanya ada 5 ruangan yang layak sementara seharusnya ada 6 kelas. Sehingga pihak sekolah memanfaatkan perpustakaan untuk dibagi 2 menjadi kelas. Namun tetap saja karena banyak siswa, suasana kelas jadi sumpek.

Baca Juga: Angin Kencang Rusak Gedung Sekolah dan Rumah Warga Desa di Buton

“Kasihan anak-anak kalau mau buang air kecil harus izin dulu pulang ke rumah karena tidak ada WC. Itu juga membahayakan karena kalau masih jam sekolah itu tanggung jawab kami kalau ada apa-apa,” keluhnya.

Juslianti baru saja menjabat 3 bulan menjadi kepala sekolah namun ia membeberkan bahwa kondisi gedung yang kumuh itu sudah sejak 2 tahun lalu terabaikan.

“Saya sangat berharap semoga ada sentuhan dari pihak pemerintah. Kami sudah komunikasikan juga tapi mungkin belum ada anggaran,” ujarnya.

Hasanuddin, warga yang tinggal di samping sekolah  juga sangat menyayangkan kondisi SDN 70 Kendari sangat memprihatinkan, bahkan beberapa bangunan sekolah sudah hampir roboh. Ia mengharapkan pemerintah dapat menganggarkan lewat APBD.

Baca Juga: Bangunan Rusak Parah, KUA di Bombana Pinjam Gedung Sekolah Layani Warga

“Mengapa hal tersebut penting, mengingat ini menyangkut masa depan anak-anak kita ke depan,” ujarnya.

Mendengar hal tersebut, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti masalah tersebut, karena merupakan bagian dari kerja pemerintah Kota Kendari.

“Untuk persoalan sekolah tersebut, akan kami tinjau dan akan kita alokasikan anggaran untuk itu,” ungkapnya. (A)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga