Gegara COVID-19, Target PAD Dishub Muna Diturunkan

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 19 November 2020
0 dilihat
Gegara COVID-19, Target PAD Dishub Muna Diturunkan
Kadishub Muna, La Ode Nifaki Toe. Foto: Sunaryo/Telisik

" Insyaallah target Rp 370 juta itu akan kita penuhi. "

MUNA, TELISIK.ID - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muna tahun ini diturunkan dari yang semula Rp 700 juta menjadi Rp 370 juta.

Penurunan target PAD tersebut pengaruh wabah COVID-19. La Ode Nifaki Toe, Kadishub Muna menerangkan, akibat pandemi COVID-19, jumlah penumpang angkutan darat dan laut mengalami penurunan yang cukup signifikan. Sehingga, ikut berpengaruh pada penarikan retribusi.  

"Seumpama target PAD tidak diturunkan dari Rp 700 juta, otomatis tidak akan tercapai hingga akhir tahun," kata Nifaki, Kamis (19/11/2020).

Dengan diturunkannya PAD itu, ia optimis hingga akhir tahun target akan tercapai. Saat ini, PAD yang sudah terkumpul dari retribusi terminal angkutan, pelabuhan dan pos penjagaan mencapai 90 persen.

Baca juga: La Nyalla Bakal Berkunjung di Bombana

"Insyaallah target Rp 370 juta itu akan kita penuhi," yakinnya.

Ke depan, bila kondisi telah normal kembali, target PAD akan ditingkatkan menjadi Rp 1 miliar. Karena itu, ia akan memaksimalkan semua potensi sumber-sumber PAD, sehingga tidak akan ada kebocoran.

"Kita akan lebih giat lagi dalam mengumpulkan PAD," timpalnya.

Ia menambahkan, salah satu yang membuat tambahan PAD adalah beroperasinya feri Amolengo-Pure beberapa waktu lalu. Walaupun jumlah retribusinya kecil, namun jumlah penumpang relatif banyak. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga