Gelar Konser Dangdut, Fildan DA Diperiksa Polisi

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 15 Desember 2020
0 dilihat
Gelar Konser Dangdut, Fildan DA Diperiksa Polisi
Fildan Rahayu. Foto: Repro Jagodangdut.com

" Hingga sekarang prosesnya masih terus berjalan dan penyidik sedang bekerja namun yang jelas kasus ini terus diproses hingga ada penetapan status oleh penyidik. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kabar mengejutkan datang dari pedangdut jebolan ajang pencarian bakat, Fildan Rahayu atau Fildan DA. Pedangdut asal Bau Bau itu dikabarkan tengah diperiksa pihak kepolisian Polda Maluku Utara.

Sebabnya berkaitan dengan melakukan konser di tengah pandemi COVID-19 di Kabupaten Pulau Taliabu.

Menurut Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Adip Rojikan, Selasa (15/12/2020), pedangdut jebolan D'Academy itu diperiksa penyidik karena melanggar protokol kesehatan saat menggelar konser dangdut di Kabupaten Pulau Taliabu, pada Jumat, 4 Desember 2020 lalu.  

"Sudah 10 saksi diperiksa. Mereka diperiksa oleh Polsek Taliabu sebagai saksi karena diduga ikut terlibat dalam pagelaran konser yang membuat kerumunan dan melanggar protokol COVID-19 termasuk manajemen dan Fildan," kata Adip dikutip VIVAnews.com.

Polisi juga memanggil pemerintah Kecamatan Pulau Taliabu Barat, dua anggota polisi, dua orang masyarakat yang terlibat dalam acara tersebut.

Namun, polisi belum menetapkan status tersangka terhadap mereka yang dianggap bertanggung jawab atas konser Fildan Rahayu itu.

"Hingga sekarang prosesnya masih terus berjalan dan penyidik sedang bekerja namun yang  jelas kasus ini terus diproses hingga ada penetapan status oleh penyidik," ucap Adip.

Fildan merupakan finalis D'Academy musim Ke-4 asal Kota Baubau.

Baca juga: Lima Terduga Provokator Kericuhan PT VDNI Digiring ke Polda Sultra

Fildan adalah anak dari pasangan La Suriadin dan Ibu Wa Hanika. Fildan terkenal berkat kepiawaiannya menyanyikan lagu India dan video penampilannya di D'Academy 4 di youtube menjadi viral.

Fildan memulai kariernya saat audisi di Kota Baubau, pada saat itu Radio Ozzon Baubau bekerja sama dengan Indosiar menggelar audisi Spesial Hunt D'Academy 4. Fildan terpilih bersama tiga orang lainnya dari Baubau untuk audisi di Kota Makassar.

Di Makassar, Fildan membawakan lagu India Tum Hi Ho dan Muskurane yang sempat membuat juri Iis Dahlia meleleh dan memberikan Golden Ticket dan lolos ke 35 besar D'Academy.

Fildan sempat ikut Audisi D'Academy 3 di Kota Makassar namun terkendala karena gitarnya patah. Fildan terpaksa menyanyi tanpa gitar dan membuatnya gagal di DA3.

Semasa hidupnya Fildan hidup dari bermusik. Kakek dan ayahnya merupakan pemusik.

Kakeknya mengajarinya meniup suling pada saat SMP sedang ayahnya merupakan pemusik yang lihai membawakan gitar dan organ untuk hajatan warga sekitar.

Fildan pernah bercerita bahwa gitarnya akan dipatahkan jika tidak mau latihan suling. Sewaktu SMA Fildan sempat keluar dari sekolahnya karena tidak mampu membayar uang komite.

Namun guru-gurunya yang waktu itu membutuhkan gitaris untuk lomba group vokal tingkat SMA se-Kota Baubau akhirnya Fildan kembali bersekolah dan dibebaskan uang komite hingga tamat SMA. (C)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga