Peringatan Sumpah Pemuda, DPRD Sulsel Diserbu Mahasiswa

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Kamis, 28 Oktober 2021
0 dilihat
Peringatan Sumpah Pemuda, DPRD Sulsel Diserbu Mahasiswa
Suasana depan kantor DPRD Sulsel yang dipadati mahasiswa peringatan Sumpah Pemuda. Foto: Rezki Mas'ud/ Telisik

" Aksi digelar di beberapa titik seperti di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Aksi unjuk rasa tolak Omnibus Law Undang-undang (UU) Cipta Kerja di Makassar, Sulawesi Selatan, kembali terjadi tepat di Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).

Dari pantauan Telisik.id, unjuk rasa yang digelar elemen mahasiswa dan masyarakat tersebut berlangsung sejak 14.00 Wita dan terus ramai hingga sore.

Aksi digelar di beberapa titik seperti di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan, Jalan Urip Sumoharjo, dan Jalan Sultan Alauddin, Makassar.

Bahkan unjuk rasa yang digelar di depan Kantor DPRD Sulsel diwarnai penutupan sebagian ruas jalan Urip Sumaharjo menuju Fly Over Makassar.

Sementara di Jalan Sultan Alauddin, demonstrasi menutup kedua ruas jalan dengan membakar beberapa ban.

Baca Juga: Berlangsung Ricuh, Massa Kurung Tim KPK di Busel

Baca Juga: Terungkap, Ini Kronologis Pria di Bantaeng Bunuh Orang Tuanya

Kabag Ops Polrestabes Makassar Kompol Nugraha Pamungkas mengatakan, ada sekitar 1800 personel dari Polrestabes Makassar yang dibantu Polda Sulsel untuk mengawal aksi unjuk rasa hari ini.

Personel tersebut ditempatkan di beberapa titik seperti Kantor DPRD Sulsel di bawah fly over Makassar, depan kantor Gubernur Sulsel, dan di pertigaan Jalan Sultan Alauddin - A.P. Pettarani Makassar.

Pola pengamanan, kata Nugraha sapaan akrab Kabag Ops, dilakukan dengan cara terbuka dan tertutup disesuaikan dengan eskalasi di lapangan.

"Cara bertindak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)," ujar Kabag Ops Polrestabes Makassar .

Hingga berita ini dibuat, situasi di depan kantor DPRD Sulsel masih dipadati mahasiswa dari beberapa universitas, sehingga ruas jalan Urip Sumaharjo masih mengalami kepadatan kendaraan dari dua arus. (A)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga