Gempa di Kolaka Utara Tidak Berpotensi Tsunami

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 16 April 2021
0 dilihat
Gempa di Kolaka Utara Tidak Berpotensi Tsunami
Kepala BPBD Kolaka Utara, Dr. Syamsuryani, ST. MM. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari pemerintah setempat, gempa tersebut tidak berdampa. Hanya getarannya terasa sampai di Kecamatan Porehu. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Gempa bumi berkekuatan maknetudo 3.5 SR dengan kedalaman 10 km yang terjadi pada jarak 5.4 km, Tenggara Pakue, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Jumat (16/4/2021) pukul 08:42 Wita, tidak berpotensi tsunami.  

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara, Dr. Hj. Syamsuryani, ST. MM saat dikonfirmasi usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kolaka Utara dalam rangka Penyerahan Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Kolaka Utara Tahun 2020, Jumat (16/4/2021).

"Jadi gempa yang terjadi barusan tidak berpotensi tsunami karena ciri-ciri tsunami, ketika terjadi gempa berkali-kali atau gempa susulan. Dan berdasarkan informasi dari BMKG gempa yang terjadi Jumat pagi tadi, tidak terjadi gempa susulan," terangnya.

Selain itu, lanjutnya, gempa yang berkekuatan 3.5 SR tadi, tidak menimbulkan kerusakan bangunan.

Baca juga: Perjuangan Para Tukang Becak di Kolaka demi Menyambung Hidup

"Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari pemerintah setempat, gempa tersebut tidak berdampa. Hanya getarannya terasa sampai di Kecamatan Porehu," jelasnya.

Meski tidak menimbulkan kerusakan dan gempa susulan, Kepala BPBD Kolut mengimbau masyarakat setempat agar tetap waspada dan keluar dari rumah jika sewaktu-waktu terjadi gempa.

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak panik, namun tetap waspada," pintanya.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan, Kolaka Utara merupakan salah satu kabupaten yang berpotensi terjadi gempa dikarenakan Teluk Bone terdapat cabang rute pergerakan sesar Palu Koro dan sesar Walanapo.

"Jadi hanya terkategori potensi gempa, bukan rawan gempa," tandasnya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga